in ,

Damage Tinggi di World of Warships? Ini Caranya!

Waktu kalian memulai battle di World of Warships, yang terlintas di pikiran kalian pertama kali pasti “Aku harus memberikan damage sebesar mungkin biar bisa menenggelamkan musuh”. Namun, saat kalian coba, damage yang kalian berikan tidak sebesar yang kalian inghinkan. Padahal, kalian sudah memilih kapal perang yang menurut kalian kuat atau kalian sudah memakai kapal favorit kalian.

Beli voucher Google Play termurah hanya di itemku. Udah hemat, gampang, cepat pula! Klik di sini untuk belanja dengan harga diskon

Memberikan damage yang tinggi kepada kapal musuh bukanlah hal yang sulit, tetapi ada beberapa detail atau hal hal yang perlu kalian perhatikan. Di sini saya akan membahas dan sekalian akan memberikan beberapa tips dan trik agar kalian dapat memberikan damage maksimum kepada kapal musuh.

Ketahui kapan yang kalian gunakan

Setiap tipe kapal di game memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Contohnya, kapal perang Inggris memiliki peluru High Explosive (HE) yang kuat dan memiliki persentase untuk membakar kapal musuh yang tinggi. Namun, kelebihan kapal ini juga merupakan kelemahan kapal perang Inggris, karena kapal perang Inggris sangat mudah dibakar oleh musuh.

Itu baru satu contoh, ada banyak kapal lain yang dapat kalian lihat titik kuat dan lemahnya di dalam game.

Berikut adalah statistik kelemahan dan kelebihan setiap kapal secara umum (untuk detailnya tergantung dari asal negara masing-masing kapal):

1. Kapal Perang (Battleship)

Kapal tipe ini memiliki kelebihan berupa kaliber senjata yang besar, jumlah persenjataan yang cukup banyak, armor dan juga HP yang banyak. Alhasil, kapal ini sangat ditakuti oleh kebanyakan player. Kelemahan kapal perang adalah waktu reload yang panjang dan kecepatan yang kurang sehingga saat sedang sendirian akan menjadi target yang mudah untuk dikalahkan.

2. Kapal Perusak (Destroyer)

Kapal perusak memiliki keunggulan di kecepatan, concealment, dan torpedo. Banyak kapal perusak di tier tinggi yang memiliki consumable unik seperti reload booster untuk mempercepat reload senjatanya (tembakan) dan radar yang pada umumnya dimiliki oleh kapal penjelajah. Semua kapal perusak (kecuali dari negara Prancis dan Uni Eropa) memiliki consumable smokescreen yang membantu mereka bersembunyi dari deteksi kapal musuh. Dengan kombinasi smokescreen dan torpedo, kapal perusak adalah kapal yang sangat berbahaya.

Kelemahan kapal tipe ini adalah kekuatan tembak yang sangat kurang (walaupun reload tembakan cepat) dan HP yang sangat rendah. Armor kapal ini juga tidak kuat, sehingga sangat rentan jika terkena pelurur High Explosive (HE).

3. Kapal Penjelajah (Cruiser)

Di dalam game, ada dua tipe kapal penjelajah, yakni Kapal Penjelajah Ringan yang mengandalkan rate of fire mereka karena reloadnya yang relatif cepat dan Kapal Penjelajah Berat yang memiliki kekuatan tembak yang cukup untuk membantu kapal perang tim mengalahkan kapal-kapal musuh.

Keunggulan kapal tipe ini adalah role mereka yang fleksibel. Mereka bisa menjadi kapal terdepan untuk memimpin penyerangan atau sebagai support tergantung dengan situasi. Kapal tipe ini juga biasanya membawa torpedo (kecuali kapal penjelajah dari negara Amerika, mereka mulai dari tier 6 – 10 sudah tidak membawa torpedo) yang menjadi senjata mematikan apabila dapat mendekati kapal musuh.

Lebih jauh, kapal penjelajah juga merupakanmusuh utama kapal perusak, karena kapal penjelajah memiliki waktu reload dan consumable yang sangat cocok untuk berburu kapal perusak musuh. Kapal tipe ini juga memiliki pertahanan udara yang kuat, sehingga dapat mengawal kapal perang dan kapal perusak tim dari serangan udara musuh. Kelemahan kapal tipe ini adalah armor yang tipis.

4. Kapal Induk (Aircraft Carrier)

Kapal ini adalah kapal yang paling dibenci di dalam game. Jika kalian tanya player World of Warships tentang kapal apa yang paling mereka benci, 90% akan menjawab kapal tipe ini. Kapal Induk mempunyai mekanik game yang berbeda dari kapal-kapal lainnya, karena kalian akan mengendalikan pesawat yang mereka bawa sepanjang game.

Pada umumnya, Kapal Induk membawa tiga tipe pesawat yang berbeda, Rocket Fighter (HE rocket/AP rocket tergantung asal negaranya), Torpedo Bomber, dan Bomber (HE bomb/AP bomb tergantung asal negaranya). Keunggulan kapal ini adalah dapat mendeteksi dan menyerang kapal musuh sejak awal game dimulai. Karena kalian akan mengendalikan pesawat dan otomatis, kalian melihat semuanya dari udara, membuat kalian dapat mendeteksi dan menyerang di awal. Atas dasar inilah kenapa kapal tipe ini sangat dibenci.

Tugas utama kalian sebagai pengguna kapal induk adalah memastikan kapal kalian aman. Karena saat kalian mengendalikan pesawat, kapal kalian tidak dapat digerakkan. Sehingga apabila kalian terdeteksi oleh musuh, 90% kalian akan tenggelam sebelum kalian dapat menghindar.

Selain memastikan keselamatan kapal kalian, kalian wajib memberi informasi mengenai lokasi kapal-kapal musuh kepada tim kalian. Adapun, kelemahan kapal ini adalah tidak dapat bergerak ketika kalian mengendalikan pesawat kalian.

Pemilihan peluru

Setelah tipe kapal, yang kalian perlu perhatikan untuk menghasilkan damage World of Warships berikutnya berikutnya adalah pemilihan peluru. Peluru yang tersedia di game adalah:

  1. High Explosive/HE
  2. Armour Piercing/AP
  3. Semi Armour Piercing/SAP (Hanya kapal Italia yang memiliki peluru ini) 

Ketiga peluru di atas memiliki fungsi dan tingkatan damage yang berbeda-beda, mari kita bahas satu per satu.

1. High Explosive atau HE

Adalah tipe peluru yang dapat digunakan kapan saja dan pada apa saja. Peluru ini memiliki damage World of Warships yang tinggi, tetapi memiliki penetrasi yang rendah. Kapal-kapal yang mengandalkan peluru ini adalah kapal penjelajah, kapal perusak, dan kapal perang Inggris. Peluru ini juga merupakan peluru yang sangat mengganggu, kenapa? Karena peluru ini tidak hanya memberikan damage yang cukup tinggi tetapi peluru ini dapat membakar kapal musuh.

top up higgs domino

Tips untuk menggunakan peluru ini agar damage dapat maksimal adalah, pilih kapal musuh yang tepat, kapal yang memiliki armor tipis seperti kapal perusak. Kapal penjelajah akan sangat tersiksa jika peluru ini mengenai mereka. Peluru ini juga efektif untuk melawan kapal perang yang mengarahkan armor haluannya (bow) ke arah kita, atau sebaliknya, untuk menyerang kapal musuh yang kabur dari kita.

2. Armour Piercing atau AP

Adalah tipe peluru conditional. Artinya peluru ini tidak dapat digunakan di semua kondisi, karena angka akan menentukan keberhasilan peluru ini. Peluru ini biasa dipakai oleh kapal perang dan kapal penjelajah ringan Inggris (Kapal Penjelajah Ringan Inggris hanya memiliki peluru AP). Perluru AP sangat efektif apabila penggunanya memiliki kaliber tembakan yang besar, sehingga dapat menembus armor musuh dengan mudah.

Tips menggunakan AP adalah gunakan saat menembak kapal yang menunjukan bagian samping kapal (broadside) dan aim ke aran garis air (water line). Dengan begitu akan membuat kalian menembak citadel kapal musuh dengan mudah, sehingga musuh terkena damage yang sangat besar. Satu full salvo dari kapal perang ke kapal musuh yang menunjukan bagian sampingnya kepada kalian dapat langsung menenggelamkan kapal tersebut jika tiga dari total semua peluru kalian mengenai citadel mereka.

Perhatikan juga kaliber tembakan kapal kalian saat menggunakan kapal ini. Kapal dengan kaliber besar menembak kapal dengan armor yang terlalu tipis akan mengakibatkan over-penetration sehingga damage yang diberikan tidak maksimal.

Jadi, apapun kapal yang kalian pakai (kecuali kapal penjelajah ringan inggris), jangan pernah menembak kapal perusak, karena peluru akan menembus armor kanan dan langsung keluar ke armor kiri, atau sebaliknya. Alhasil, peluru tidak sempat melakukan damage ke bagian internal kapal (citadel). Jangan pula menembakan peluru ini apabila musuh menempatkan armor haluannya ke arah kita. Alasannya, armor depan kapal perang sangat tebal sehingga peluru AP yang kita tembakan akan memantul.

3. Semi Armour Piercing atau SAP

Adalah peluru yang sangat fleksibel. Peluru ini dapat memberikan damage yang sangat besar ke kapal musuh, semua kapal musuh. Untuk saat ini, kapal yang memiliki peluru ini adalah Kapal dari tech tree negara Italia dan beberapa kapal premium saja. Peluru ini bekerja selayaknya peluru AP tetapi peluru ini dapat memberikan damage yang lebih konsisten daripada AP.

Tidak ada tips khusus untuk menggunakan peluru ini, karena kalian tidak perlu aim ke bagian kapal tertentu untuk memberikan damage.

Posisi kapal

Bagian kapal yang kalian tembak sangat berpengaruh dengan damage yang akan diberikan. Alasannya, setiap bagian kapal memiliki tingkat damage berbeda-beda.

Apabila kalian menggunakan AP, bagian yang perlu kalian aim adalah lambung kapal musuh pada sisi samping. Itu akan memberikan kalian citadel sehingga kapal musuh akan kehilangan HP yang besar. Kalau kalian bisa, kalian juga dapat aim tepat di bawah turret kapal musuh, karena peluru kapal terletak di bawah turret. Kalau tembakan kalian berhasil menembus armor musuh, dan mengenai pelurunya, kalian dapat meledakkan peluru kapal tersebut yang mengakibatkan musuh langsung tenggelam dalam satu tembakan.

Jika kalian menggunakan HE, aim ke bagian atas kapal, seperti anjungan atau armament kapal seperti turret, karena bagian-bagian itu memiliki armor yang tipis. Dengan begini, HE dapat memberikan potensi damagenya yang tinggi. Bagian-bagian tersebut juga rentan dengan api, sehingga kalian dapat membakarnya dengan mudah. Untuk armament kapal, ledakan dari peluru HE dapat merusak armament kapal, sehingga ini akan membantu kalian dalam pertandingan.

Untuk SAP, kalian tidak perlu memikirkan bagian apa yang kalian tembak. Kalian hanya perlu fokus dengan jumlah peluru yang mengenai kapal musuh. Semakin banyak peluru yang kena, semakin tinggi damage World of Warships peluru SAP kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings