5 Cara Cek Laptop Bekas, Apa Saja yang Harus Diperiksa?

cara cek laptop bekas
Foto: karsten madsen di Pexels.com

Bagi sebagian orang, membeli laptop second atau bekas adalah pilihan masuk akal karena harganya yang sudah lebih murah.

Apalagi, laptop adalah perangkat elektronik yang nilainya memang terus berkurang. Namun, kamu perlu mengetahui cara cek laptop bekas sebelum membelinya.

Mengetahui cara tersebut penting karena tak semua laptop second masih berkualitas. Bahkan, tak sedikit laptop bekas yang sudah hampir rusak.

Akan jadi kerugian jika kamu malah membeli laptop bekas seperti itu. Itulah kenapa penting bagi kamu untuk mengetahui mengetahui laptop normal atau tidak.

Di artikel ini kamu akan menemukan cara cepat cek laptop bekas termudah dan paling ampuh sebelum memutuskan untuk membelinya.

Cara ini berlaku untuk cek laptop HP bekas, laptop Asus, laptop Acer, laptop Lenovo, dan sebagainya.

Cara cek laptop bekas

aplikasi rekam layar di laptop
Foto: cottonbro di Pexels.com

Hal utama yang harus kamu perhatikan adalah mengetahui cara cek spesifikasi laptop. Sesuaikan spesifikasi laptop bekas yang hendak dibeli dengan spesifikasi yang kamu inginkan.

Jika sudah, kamu tinggal memeriksa beberapa hal lain yang juga sangat penting. Inilah beberapa cara cek laptop bekas:

1. Perhatikan kondisi layar laptop

Apapun tujuan kamu membeli laptop, layar adalah komponen penting yang harus diperhatikan. Pasalnya, di layar itulah segala aktivitas yang kamu lakukan bakal terlihat. Saat ingin membeli laptop bekas, pastikan bahwa layarnya berada dalam kondisi bagus.

Kamu bisa melihat apakah ada retakan atau bintik putih pada layar. Jika retakan bisa terlihat dengan jelas, beda halnya dengan bintik putih.

Kamu bisa mengakalinya dengan mengatur tingkat kecerahan layar untuk melihat layar dari berbagai kondisi.

2. Cek kesehatan baterai laptop bekas

Seperti layar, kesehatan baterai laptop bekas juga wajib kamu perhatikan. Ini penting karena, pertama, harga baterai cukup mahal.

Akan sedikit memberatkan jika harus membeli baterai baru. Selain itu, ada beberapa laptop yang menerapkan teknologi baterai tanam sehingga tidak bisa diganti.

Kamu bisa mengecek kondisi baterai melalui Command Prompt. Setelah terbuka, ketik powercfg/batteryreport, kemudian tekan enter.

Dari sana kamu bakal melihat status kesehatan baterai kamu secara lengkap, apakah masih layak digunakan atau tidak.

3. Pastikan keyboard dan touchpad berfungsi dengan sempurna

Keyboard dan touchpad jadi komponen lain yang juga penting. Ini adalah komponen yang berfungsi untuk memasukkan berbagai perintah di dalam laptop.

Kamu bisa memeriksa kondisi touchpad dengan menyentuh berbagai sisi, mengklik dua kali pada touchpad, lalu menekan dua tombol klik di sana.

Sementara untuk keyboard, kamu bisa memeriksa kondisinya lewat situs keyboard checker. Di situs itu kamu akan diminta menekan tombol keyboard satu per satu.

Tombol akan berubah warna saat ditekan— indikatornya terlihat di dalam situs — jika keyboard dalam kondisi normal.

4. Periksa port USB dan fitur input lainnya

Cara cek laptop bekas berikutnya adalah memeriksa port USB dan fitur input lain. Ini juga tak kalah penting untuk menghubungkan smartphone ke laptop, proyektor, headphone, mengecas, dan sebagainya. Kamu bisa mencoba semua port dan input yang tersedia saat ingin membeli laptop bekas.

5. Cek kondisi RAM dan prosesor

Berbeda dengan beberapa cara sebelumnya, mengecek kondisi RAM dan prosesor laptop bekas tidak bisa dilakukan dengan melihat fisiknya.

Kamu perlu melakukan berbagai macam tes untuk memastikan apakah laptop bekas yang ingin kamu beli berada dalam kondisi prima atau tidak.

Misalnya dengan membuka sejumlah aplikasi. Mulai dari aplikasi standar yang tidak terlalu berat seperti Google Chrome hingga aplikasi berat seperti game.

Kamu juga bisa membuka banyak aplikasi sekaligus. Dua cara ini biasanya efektif untuk menunjukkan seberapa bagus performa laptop bekas.

Jika ingin melihat performanya secara rinci, kamu bisa memanfaatkan beberapa situs maupun aplikasi pengecek performa PC seperti MSI Afterburner, CPU-Z, CineBench, Geekbench, dan sebagainya. Aplikasi cek laptop bekas tersebut cukup berguna untuk melihat kondisi laptop.

Itulah beberapa cara cek laptop bekas yang wajib kamu ketahui. Jika laptop bekas yang ingin kamu beli tidak memenuhi berbagai standar yang bisa kamu lihat melalui cara-cara di atas, sebaiknya kamu tidak membeli laptop tersebut. Salah-salah, kamu malah beli laptop kentang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *