BTS dan para Pesohor Lain yang Melibatkan Diri ke Esports

BTS jadi nama kesekian yang melibatkan diri ke ranah esports. Selain mereka, masih banyak pesohor lain yang juga melakukan hal serupa.
Personel BTS dan T1
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Pada awal November, boy band sekaligus salah satu ikon K-Pop, BTS, mengundang T1 Entertainment & Sport sebagai bintang tamu variety show Run BTS! episode ke-114.

T1 adalah tim esports asal Korea Selatan yang terkenal berkat kiprah ciamik di game League of Legends. Game ini pula yang mereka mainkan bersama BTS dalam acara tersebut.

Bagi T1, tampil di acara ini jadi kehormatan besar. Sementara untuk BTS hadirnya T1 adalah kesempatan yang memang ditunggu sebab sebagian dari mereka menjadikan tim tersebut sebagai tim esports favorit.

Terlepas dari hal tersebut, secara tidak langsung ini jadi upaya BTS untuk merambah lini yang belakangan berkembang luar biasa pesat. Ya, kita sedang bicara tentang esports.

Baca juga:  Industri Game Indonesia Berutang kepada para Pemuda

Di Korea Selatan, esports berkembang lantaran jumlah gamer yang begitu besar. Tercatat lebih dari 25 juta orang bermain game, yang artinya mencapai sekitar 50 persen populasi Negeri Ginseng.

photo of person typing on computer keyboard
Foto: Soumil Kumar/Pexels.com

Akan ada pula bahasan tentang perputaran uang dalam jumlah fantastis. Pada 2019, industri ini menghasilkan keuntungan hingga 900 juta US dolar. Setahun berselang, angka itu meningkat menjadi 1,1 miliar.

Perkembangan dan angka-angka itulah yang biasanya memicu para pesohor untuk melibatkan diri ke esports. Ada banyak sekali contohnya. Kami bakal membahas lima di antaranya.

Sehun EXO

Sejak pertengahan 2020 Sehun EXO mencoba berbagai lini bisnis. Salah satu ranah yang ia masuki adalah esports. Sehun menjadi salah satu investor tim esports Korea Selatan bernama Apesports.

Baca juga:  Exergaming: Esports yang Sesungguhnya

LeBron James

Pebasket NBA LeBron James terlibat kerjasama dengan atlet esports, Jia ‘Uzi’ Zi-Hao. Bersama-sama keduanya mempromosikan esports lebih jauh lagi. LeBron sendiri memang lekat dengan ranah ini. Terlebih, anaknya kini aktif sebagai pro player di Faze Clan.

Jennifer Lopez

Selebriti Hollywood, Jennifer Lopez, mengambil langkah serupa seperti Sehun. Ia mananamkan modal sebesar 15 juta US dolar untuk tim, NRG, tim esports yang terkenal lewat Counter-Strike: Global Offensive dan Fortnite..

Antoine Griezmann

Jika Antoine Griezmann kerap berselebrasi dengan gaya Fortnite, itu karena ia memang menyukai game tersebut. Saking sukanya, ia sampai mendirikan tim bernama Grizi Esport bersama Theo, saudaranya, pada awal 2020.

Baca juga:  5 Turnamen Esports Indonesia dengan Hadiah Terbesar

Will Smith

Pada 2019, Gen.G mengumumkan jumlah investasi yang mereka peroleh, yakni sebesar 46 juta US dolar. Pemeran Detektif Mike Lowrey di film Bad Boys, Will Smith, jadi salah satu sosok yang menggelontorkan dana di sana.

***

Itulah beberapa pesohor dunia yang coba menginjakkan kaki di ranah esports. Tentu, masih banyak nama lain, termasuk Gareth Bale, Drake, hingga tokoh-tokoh lokal seperti Ariel ‘Noah’ dan Giring Ganesha.

Rekomendasi