Semua Tak Sama: Beda Remake, Remastered, dan Reboot

pokemon diamond and pearl remake
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Dua tahun terakhir semakin banyak pengembang yang berusaha merilis ulang sejumlah game lawas dalam format berbeda. Tiga yang paling sering kita dengar adalah remake, remastered, dan reboot.

Tahun lalu, misalnya, Crytek merilis Crysis: Remastered. Ada pula Tomb Raider yang rumornya akan merilis versi reboot terbaru. Yang terakhir ada isu soal kehadiran remake Pokemon Diamond and Pearl.

Ketiga game populer tersebut menggunakan tiga istilah yang beda, yakni remake, remastered, dan reboot. Lantas, apakah maknanya juga berbeda? Atau murni sebatas perbedaan istilah saja?

Temukan jawabannya di sini.

Remake

resident evil 2 remake

Upaya melakukan remake terhadap sebuah judul game terbilang rumit. Kenapa? Sebab para pengembang mesti menyusun ulang game yang di-remake tersebut sehingga tak jarang mengubah hampir semua aspek.

Baca juga:  Sepenting Itukah Grafis bagi Sebuah Game?

Ia bisa mencakup peningkatan grafis, gameplay, hingga detail cerita. Sedikit hal yang tak tersentuh adalah premis. Di Resident Evil 2, misal, kita masih memainkan Leon dan Claire, tetapi ada sejumlah detail cerita yang diubah.

Beberapa game remake terkenal:

  • Resident Evil 2 Remake
  • Final Fantasy VII Remake
  • The Legend of Zelda: Link’s Awakening

Remastered

Crysis Remastered

Ketika Crytek mengumumkan proyek remastered Crysis, mereka begitu gencar menggembor-gemborkan resolusi 8K serta banyak aspek grafis lain. Namun, tak lebih. Tak ada perubahan cerita ataupun gameplay.

Remastered memang bekerja seperti dengan cara demikian. Ini adalah usaha pengembang untuk membawa judul lama ke konsol terbaru dengan melakukan beberapa penyesuaian terkni dari aspek grafis.

Baca juga:  Sisca Kohl Lewat! Inilah Daftar Youtuber Gaming Terkaya di Dunia

Beberapa game remastered terkenal:

  • God of War 3 Remastered
  • The Last of Us Remastered
  • Crysis Remastered

Reboot

modern warfare reboot

Sekilas, reboot mirip dengan remake lantaran perubahan yang pengembang lakukan ketika melakukan reboot juga terbilang radikal. Namun, jika dibandingkan, reboot jauh lebih radikal lagi ketimbang remake.

Pengembang benar-benar mengubah semua aspek dalam game: Grafis, cerita, mekanik, bahkan judul. Biasanya, ini mereka lakukan ketika tak puas dengan versi lawas atau sekadar memoles game yang sudah kehilangan pamor.

Beberapa game reboot terkenal:

  • Call of Duty: Modern Warfare
  • Tomb Raider
  • Fallout 3

Para pengembang melakukan remake, remastered, atau reboot tergantung kebutuhan dan tujuan masing-masing karena ketiganya memang beda. Itu berarti, tak ada sebutan bahwa remake lebih baik daripada remastered dan reboot atau sebaliknya.