in ,

Bagi Saya, GTA San Andreas Adalah Game Terbaik Sepanjang Masa

Siapa sih yang tidak tahu GTA San Andreas (SA)? Game besutan Rockstar ini merupakan game yang sangat fenomenal sejak rilis pada 2004 silam. GTA SA tercatat sebagai game PlayStation 2 dengan penjualan yang sangat fantastis. Kala itu game ini terjual hingga 17,33 juta copy.

Beli voucher Google Play termurah hanya di itemku. Udah hemat, gampang, cepat pula! Klik di sini untuk belanja dengan harga diskon

Berbagai media game terkenal seperti Gamespot, IGN dan Metacritic juga memberikan rating di atas 9. Sebuah pencapaian yang luar biasa dalam sejarah video game.

GTA San Andreas sendiri adalah game open world yang berlatar di tahun 90-an. Fokusnya adalah karakter bernama Carl Johnson (CJ) yang harus pulang setelah mendengar kabar bahwa ibunya meninggal karena perseteruan antar geng.

Lantas, apa sih yang membuat game ini layak dinobatkan sebagai game terbaik sepanjang masa? Penasaran? Berikut opini dari saya.

Daftar Isi

1. Cerita dan karakter yang tidak mudah dilupakan

cerita dan karakter yang tidak mudah dilupakan

Meski sebagian orang lebih suka berkeliaran dan merusuh kota, harus diakui bahwa GTA San Andreas memiliki cerita yang kompleks dan berani. Salah satunya soal keputusan Rockstar yang memilih karakter utama orang kulit hitam yang terlibat dalam perseteruan antar gang sebagai satir terhadap kehidupan di California pada saat itu. Bahkan, Rockstar juga berani menggambarkan pemerintahan yang korup dan rasis.

Pembawaan cerita yang tidak terburu buru juga menjadi nilai plus. Jadi, kamu akan ikut merasakan evolusi CJ, dari yang bukan siapa-siapa menjadi orang paling berpengaruh. Selama permainan berlangsung, kamu juga akan mendapat berbagai plot twist yang dapat membuat kagum dan terhipnotis dalam waktu yang bersamaan.

itemku mainkan juni

Mungkin ini penilaian subjektif, tapi bagi saya GTA SA memiliki alur cerita terbaik daripada seri GTA yang lainnya.

2. Map yang sangat luas dengan tiga kota besar

Map yang sangat luas dengan tiga kota besar

Bayangkan kamu bermain game di mana tiga kota besar dijadikan satu. Yap, itulah GTA San Andreas. Game ini mengambil latar tempat di tiga kota utama, yakni Los Santos, San Fiefro dan Las Venturas. Ini membuatmu tidak akan bosan untuk menjelajahi setiap sudut, bahkan terdapat tempat lain seperti pedesaan, pegunungan, hutan, hingga lautan yang membuat game ini menjadi lebih hidup.

Setiap tempat atau kota mampu memberikan pengalaman yang berbeda. Seolah-olah kamu benar-benar merasakan bagaimana kehidupan di sana, mulai dai kendaraan yang dipakai hingga style orang-orangnya.

3. Memiliki berbagai fitur yang mewah

Memiliki berbagai fitur yang mewah

Ngomongin tempat yang luas pasti bakal bosan dong kalau tidak bisa ngapa-ngapain. Untungnya, GTA SA menawarkan ratusan fitur menarik yang membuat kamu seolah hidup di dalamnya. Mulai dari kustomisasi karakter seperti pakaian, potongan rambut, hingga aksesori kecil lainny. Kamu juga bisa membeli mobil, membeli rumah, bermain game, hingga ikut balapan liar.

Pendekatan lain yang sangat menarik adalah setiap apa yang kamu lakukan pasti akan mempengaruhi CJ. Contohnya: Jika makan terlalu banyak, kamu akan muntah; jika tidak olahraga, badanmu menjadi gendut; jika kamu ikut latihan bela diri, kamu akan mendapatkan gerakan baru.

Berbagai bangunan juga bukanlah bangunan kosong. Ada banyak bangunan yang bisa kamu masuki untuk membeli berbagai macam barang. Salah satu konsep yang tidak terlalu sering kita temui di game open world masa kini.

4. MOD yang tidak ada habisnya

Ribuan MOD yang tidak ada habisnya

Mungkin ada yang akan berkata “Itu kan zaman dulu, zaman sekarang udah beda apalagi GTA San Andreas grafiknya burik”. Tenang guys! Ada ratusan hingga ribuan MOD yang bisa kamu coba. Mulai dari mod untuk mengubah kendaraan, karakter, hingga mengubah grafik menjadi lebih baik seolah seperti game AAA zaman sekarang.

Salah satu MOD yang membuat saya takjub adalah MOD Online yang membuat GTA San Andreas bisa dimainkan bersama orang lain layaknya GTA V Role Play.

“You Picked The Wrong House, Fool!” – Big Smoke

Itulah alasan mengapa GTA San Andreas layak dinobatkan sebagai game terbaik sepanjang masa. Bahkan meskipun rilis pada 2004, Rockstar sampai merilis ulang GTA San Andreas dengan nama GTA Trilogy yang berisi tiga judul GTA, termasuk San Andreas pada 2021. Sebuah bukti betapa legendarisnya game satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings