Apa Itu Wibu? Apakah Pemain Genshin Impact Termasuk Wibu?

apa itu wibu
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Buat kamu yang sudah lama mengikuti budaya jepang pasti tahu apa itu wibu. Istilah ini seringkali disebutkan untuk hal-hal yang berkaitan dengan kebudayaan negeri Jepang. Namun, bagaimana asal mula kata ini bermula apakah kamu tahu? Berikut adalah pengertian dan serba-serbi wibu yang bisa Anda ketahui.

Asal mula istilah wibu

Apa itu wibu? Istilah ini paling banyak muncul dalam anime Jepang. Ini berasal dari kata weeaboo, yaitu istilah yang digunakan untuk menjuluki seseorang yang fanatik terhadap anime.

Kata ini muncul dalam komik Perry Bible Fellowship karya Nicholas Gurewitch. Sebenarnya kata ini tidak memiliki makna apapun. Sekitar pertengahan tahun 2000, dari forum 4chan inilah kata ini mulai digunakan untuk menggantikan istilah wapanese (wanna be japanese). 

Beli voucher Steam Wallet termurah hanya di itemku. Udah hemat, gampang, cepat pula! Klik di sini untuk mulai belanja. Jangan lupa ikuti akun Instagram dan Twitter EXP untuk konten menarik lainnya.

Sebutan ini juga berlaku bagi seseorang yang juga menyukai lagu-lagu ataupun idol yang berkaitan dengan anime Jepang tersebut.

Sebenarnya, istilah ini digunakan untuk mengolok-olok dan berlabel negatif. Hal ini karena wibu dianggap memiliki kebiasaan yang buruk, seperti suka menyendiri.

Ada banyak istilah dari wibu. Mulai dari no life, yaitu orang yang fanatik, sehingga hari-harinya dihabiskan untuk menonton anime Jepang dan hal-hal yang berkaitan dengan anime tersebut. Seseorang yang disebut no life akan senang menyendiri di dalam kamar, menggambar anime, memiliki kehidupan anti sosial, dan tidak memiliki teman di dunia nyata. Anime adalah kehidupannya.

Ciri-ciri wibu

apa itu wibu

Untuk mengetahui seseorang wibu atau bukan, kamu bisa menyimak ciri-ciri berikut ini.

  • Mencintai kebudayaan Jepang secara berlebihan

Seorang wibu akan terang-terangan mengakui bahwa mereka mencintai segala hal yang berkaitan dengan negeri Jepang. Mereka tidak merasa segan ataupun malu untuk membahasnya dan membicarakannya menjadi suatu topik. Mereka juga biasa menggunakan kosa kata Jepang dalam obrolannya.

  • Suka nonton anime

Yang paling terlihat adalah mereka suka nonton anime Jepang.  Bukan hanya nonton saja, tetapi mereka juga akan suka mengoleksi merchandise dari anime tersebut. Mereka akan memajang poster anime ataupun action figure dari anime yang mereka sukai.

  • Suka menyendiri dalam jangka panjang

Wibu lebih suka menyendiri dalam jangka panjang. Inilah yang menyebabkan mereka dijuluki anti sosial. Mereka akan menghabiskan waktu di internet untuk mencari anime-anime terbaru ataupun chatting–an dengan sesama wibu.

Jika pun mereka keluar, maka itu untuk mengikuti suatu event Jepang, seperti cosplay.

  • Terobsesi dengan karakter anime

Beberapa orang akan terobsesi dengan karakter anime favorit mereka. Biasanya, yang paling parah adalah menganggap bahwa karakter tersebut adalah wife (waifu) ataupun husband (husbando) mereka.

  • Memasang foto profil karakter anime

Mereka akan memasang karakter anime kesukaan mereka pada foto profil akun media sosial ataupun forum tertentu. Meski tidak semua yang memasang foto profil anime termasuk di antaranya, hampir semua wibu menggunakan karakter anime sebagai foto profil mereka.

Apakah sama dengan otaku?

Jika membahas tentang wibu, beberapa orang akan menyangkutkan istilah ini dengan otaku. Padahal, otaku adalah suatu istilah yang memiliki arti berbeda.

Otaku sendiri adalah julukan yang diberikan kepada orang-orang yang hanya fanatik terhadap anime jepang saja. Julukan ini muncul pada tahun 1990-an. Mulanya diberikan kepada seseorang yang hanya menekuni satu hobi saja, namun memiliki tendensi negatif.

Sementara itu, wibu adalah julukan diberikan kepada seseorang yang tidak hanya fanatik kepada anime saja, namun segala hal yang mengacu pada negeri Jepang. Itulah penjelasan kami mengenai apa itu wibu.

Rekomendasi