Apa Itu Upper Bracket MPL? Cek Penjelasannya di Sini!

mpl season 10

Para penggemar esports banyak yang bertanya apa itu upper bracket MPL? Istilah ini mulai muncul dan jadi pertanyaan tiap kali babak regular season MPL berakhir, termasuk MPL ID S10 musim ini.

Tentu, istilah upper bracket sudah lazim didengar. Istilah ini digunakan untuk menyaring tim mana saja yang berhak lolos ke babak playoff lewat jalur spesial.

Namun, tak semua orang memahami istilah tersebut. Oleh karena itu, EXP akan memberikan penjelasan ringkas mengenai apa itu upper bracket.

Apa itu upper bracket MPL?

Penggunaan upper bracket kerap muncul di turnamen dengan konsep atau format double elimination bracket. Dalam format ini, babak penyisihan akan terbagi ke dalam dua bagian, yakni upper bracket dan lower bracket. MPL Indonesia juga menerapkan sistem tersebut.

Upper bracket MPL adalah sebutan untuk dua tim yang duduk di urutan 1 dan 2 klasemen akhir regular season. Masing-masing tim itu nantinya akan menghadapi salah satu dari dua tim yang lolos lewat babak play-ins. Babak play-ins sendiri diikuti empat tim posisi 3, 4, 5, dan 6 regular season.

Dari laga tersebut, dua tim yang jadi pemenang akan lolos ke final upper bracket untuk menentukan siapa yang melaju ke Grand Final. Sementara itu, dua tim yang kalah akan turun ke lower bracket dan saling beradu untuk menentukan siapa yang lolos ke final lower bracket.

Jika berhasil memenangkan pertandingan dan lolos ke final lower bracket, mereka akan menghadapi tim yang kalah pada final upper bracket sebelumnya. Siapapun yang berhasil meraih kemenangan pada babak ini berhak untuk merebut satu tiket Grand Final tersisa.

Pada babak Grand Final, dua tim pemenang final upper bracket dan lower bracket akan saling bertemu. Pemenangannya bakal merebut gelar juara MPL ID.

Tim yang lolos ke upper bracket MPL S10

hasil mpl s10 week 7

Babak regular season MPL S10 sudah berakhir. Berdasarkan klasemen akhir babak tersebut, dua tim yang lolos langsung ke babak Playoff dengan status upper bracket adalah ONIC Esports dan RRQ Hoshi. ONIC finis sebagai peringkat pertama dan RRQ Hoshi duduk di peringkat kedua klasemen MPL.

Sementara itu, dua slot tersisa akan menjadi rebutan empat tim melalui babak play-ins. Mereka adalah Alter Ego, Bigetron Alpha, Rebellion Zion, dan Aura Fire. Keempat tim tersebut duduk di urutan 3, 4, 5, dan 6 klasemen akhir regular season MPL ID.

Itulah penjelasan dari kami mengenai apa itu upper bracket MPL serta penjelasan lain terkaits sistem tersebut. Meski terdengar rumit, kamu bisa memahaminya dengan mudah jika mengikuti MPL ID dengan seksama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *