Steam
in

Apa Itu Steam?

Bukan gamers sejati namanya kalau nggak tahu

Bagi kamu para penggemar video game pasti sudah mengenal apa itu Steam. Steam adalah platform distributor game digital terbesar saat ini. Mengalahkan platform lain seperti Origin EA, Uplay Ubisoft, Gog, Epic Games dan website lainnya. Ia juga menyediakan koleksi game yang beragam dan lengkap dengan berbagai genre. Entah itu rilisan lama maupun rilisan baru yang sedang meroket kepopulerannya.

Meskipun harga game yang terdapat pada Steam cenderung mahal. Namun, semua game yang ada di dalam platform tersebut merupakan game original dari developer game langsung. Sehingga kamu akan merasa aman saat memainkannya tanpa takut akun game kamu terkena banned atau sanksi.

Akan tetapi bukan berarti kamu harus menggelontorkan banyak uang untuk menikmati setiap game yang platform game ini miliki. Pasalnya kamu bisa memanfaatkan moment “Steam Sale” yang hadir setiap musim liburan. Tepatnya saat musim dingin dan panas berlangsung. Bila kamu sedang bertanya-tanya, kapan Steam Summer Sale selanjutnya akan hadir. Pada tanggal 24 Juni hingga 8 Juli nanti kamu bisa merayakan dan ikut memeriahkan event yang ditunggu-tunggu oleh seluruh gamers ini.

Pada saat moment ini semua game yang ada biasanya memiliki harga diskon yang ramah di kantong kamu. Selain itu, banyak pula game-game gratis yang bisa kamu unduh dan mainkan secara cuma-cuma.

Sejarah Steam

Berawal pada tahun 2002 Steam pertama kali muncul saat event Game Developers Conference (GDC). Setelah satu tahun berselang, kemudian Steam secara resmi diluncurkan.

Baca juga:  Plus-minus di Balik Pengumpulan Data Pengguna dalam Game

Berbeda dengan saat ini, awalnya peluncurkan platform Steam bertujuan untuk memudahkan para gamers mengunduh patch dan juga mengupdate game. Namun, akhirnya Valve memutuskan untuk mengubahnya menjadi platform distribusi game di PC.

Berbagai fitur ditambahkan, mulai dari otentikasi online, game launcher, DRM (Digital Rights Management) untuk memfasilitasi pengguna. Hingga pada tahun 2004, kemudian Valve mengumumkan jika semua game mereka hanya dapat diakses dan dimainkan melalui Steam saja.

Seiring berjalannya waktu, Valve berhasil mengimplementasikan berbagai perubahan dan fitur-fitur canggih guna keperluan pengguna . Seperti contohnya fitur untuk menyimpan game, profil pengguna dan fitur chat untuk mempermudah komunikasi antar gamers. Mereka pun juga berhasil menggandeng berbagai developer game untuk bekerja sama dengan mereka. Hingga akhirnya kini koleksi game pada katalog mereka sudah mencapai ribuan.

Baca juga:  Sederet Tingkah Nyebelin para Gamer (Part 2)

Keunggulan Steam Dibanding Platform Game Lain

Menjadi paltform game terbesar di dunia bukanlah hal yang mudah. Ada serangkaian hal yang menjadi pembeda antar Steam dengan platform lainnya. Seperti contohnya jika kamu membuka halaman awal atau Home. Kamu akan disuguhkan dengan berbagai game rekomendasi yang sudah disesuaikan dengan minat kamu. Sehingga kamu tak akan merasa bosan dengan game-game yang itu saja.

Selain itu, tampilan yang menarik dan juga sederhana membuat siapa pun betah menggunakannya. Bahkan bagi para gamers pemula sekalipun. Berbagai jenis game akan tampil dengan informasi detail menganai game tersebut. Terkadang platform game yang kini memiliki mata uang wallet rupiah ini juga menyediakan fitur “trial game” untuk beberapa game yang baru saja rilis. Keunggulan lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah kamu bisa mendengarkan musik sembari bermain game. Menyenangkan bukan?

Pengertian Steam Wallet

Nah, bila kamu ingin mengunduh aneka game yang ada dalam platform Steam. Kamu membutuhkan alat pembayaran yang bisa digunakan oleh platform ini. Alat uang tersebut berupa Steam Wallet yaitu dompet digital yang kamu butuhkan untuk menyimpan uang.

Adanya Steam Wallet yang kamu miliki ini sangat penting agar kamu bisa membeli semua game yang kamu inginkan. Karena hanya dompet digital inilah yang berlaku sebagai alat pembayaran yang resmi.

Baca juga:  Daftar Game Survival Terbaik untuk Android Tahun 2021

Untuk mengisi saldo, kamu bisa membeli voucher maupun melakukan top up sendiri melalui website jual beli produk virtual seperti itemku.

Harga Steam Wallet Terbaru 2021

  • Voucher 5 USD = Rp 82. 400
  • Voucher 10 USD = Rp 164.200
  • Voucher 25 USD = Rp 399.800
  • Voucher 40 USD = Rp 588.000
  • Voucher 50 USD = Rp 786.000
  • Voucher 60 USD = Rp 933.000
  • Voucher 100 USD = Rp 1.515.000

Daftar Game Terbaik di Steam

Dari berbagai banyaknya game yang ada dalam platform game terbesar satu ini. Ada beberapa game terbaik yang populer dan paling banyak dimainkan.

  1. DOTA 2
  2. Grand Theft Auto V
  3. PUBG (Player-unknown’s Battlegrounds)
  4. Resident Evil
  5. Red Dead Redemption 2
  6. Cyberpunk 2077
  7. Monster Hunter World
  8. Doom Eternal
  9. Genshin Impact
  10. Minecraft
  11. Rainbow Six: Siege
  12. Fall Guys: Ultimate Knockout

Daftar Game Gratis Terbaik di Steam

Nah, selain game berbayar di atas. Kamu juga bisa lho memainkan serangkaian game gratis yang disediakan oleh Steam. Bahkan aneka game gratis ini juga tak kalah seru lho. Simak daftarnya berikut ini.

  1. Heavy Metal Machines
  2. Doki-Doki Literature Club
  3. Grimm’s Hollow
  4. Expendabros
  5. Warframe
  6. Path of Exile
  7. Paladins
  8. Brawlhalla
  9. World of Tanks Blitz
  10. Alien Swarm

***

Top up Steam Wallet harga paling murah hanya di itemku.

Nikmati metode pembayaran lengkap, bisa via pulsa dan cicil.

Beli Steam Wallet murah, aman dan lengkap? Cuma di itemku.

Tinggalkan Balasan

GIPHY App Key not set. Please check settings