Semua yang Perlu Kamu Tahu soal GTA Trilogy Definitive Edition

GTA: The Trilogy - The Definitive Edition akan memuat tiga seri GTA lawas.
gta trilogy definitive edition
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

GTA Trilogy Definitive Edition – Belum lama ini, Rockstar Games mengumumkan kehadiran seri terbaru bernama Grand Theft Auto: The Trilogy – The Definitive Edition. Pengumuman ini juga mengonfirmasi sejumlah rumor yang belakangan ini beredar.

Beli voucher Steam Wallet termurah hanya di itemku. Udah hemat, gampang, cepat pula! Klik di sini untuk mulai belanja. Jangan lupa ikuti akun Instagram dan Twitter EXP untuk konten menarik lainnya.

Meski begitu, pada dasarnya seri tersebut adalah tidak sepenuhnya baru. Tajuknya adalah remaster dari tiga judul game GTA terdahulu. Rockstar memastikan bahwa koleksi ini akan terdiri dari GTA 3, GTA Vice City, dan GTA San Andreas.

Melalui artikel ini, EXP akan membahas lebih jauh mengenai trilogi tersebut.

Apa itu GTA Trilogy Definitive Edition

GTA Trilogy Definitive Edition adalah koleksi dari tiga judul GTA klasik yang sudah diremaster. Seperti yang sudah EXP singgung sebelumnya, tiga judul tersebut di antaranya adalah GTA 3, GTA Vice City, dan GTA San Andreas. Semuanya judul GTA legendaris setelah memasuki era 3D.

Baca juga:  5 Alasan GTA San Andreas Masih Populer

Mengapa Rockstar merilis trilogi tersebut?

Tak ada alasan resmi yang dirilis Rockstar. Namun, ada kemungkinan mereka ingin tetap terikat dengan para penggemar lawas sekaligus bentuk apresiasi kepada para penggemar tersebut. Terlebih, tiga judul itulah yang mulanya membesarkan nama GTA, terutama San Andreas.

San Andreas adalah seri GTA terpopuler. Kamu yang akrab dengan PS2 pasti kerap melihat game tersebut dimainkan di tempat-tempat rental. Tatkala PS2 mulai ditinggalkan, popularitas San Andreas tak lantas luntur. Game ini masih banyak dimainkan, terlebih karena kini hadir di plaform Android.

Apa saja yang baru dari GTA Trilogy Definitive Edition?

Seperti game lain yang juga mengalami proses remaster, trilogi ini akan hadir dengan peningkatan dalam aspek visual dan tidak menutup kemungkinan gameplay. Rilis Rockstar Games melalui situs resmi mereka baru-baru ini mengonfirmasi hal tersebut.

Baca juga:  Fakta-fakta Menarik Grand Theft Auto (GTA) yang Jarang Diketahui

“Grand Theft Auto: The Trilogy — Definitive Edition akan menampilkan peningkatan menyeluruh termasuk peningkatan grafis dan gameplay modern untuk ketiga judul, di mana kami tetap mempertahankan tampilan dan nuansa klasik dari versi original,” tulis Rockstar.

Terkait seberapa drastis peningkatan tersebut, kamu hanya dapat mengetahuinya saat koleksi ini rilis secara resmi nanti.

Bagaimana tanggapan penggemar?

GTA dan Rockstar Games langsung jadi trending di Twitter begitu pengumuman ini muncul. Sementara itu, situs Rockstar sempat mengalami down selama beberapa saat tak lama setelah mereka merilis pengumuman remaster dari trilogi lawas mereka.

Hal tersebut jadi bukti bahwa para penggemar amat antusias menyambut trilogi remaster ini. Tentu sama sekali tak mengherankan mengingat betapa luar biasanya popularitas tiga judul klasik tersebut di masa lampau, bahkan hingga hari ini.

Baca juga:  Sudah Berapa Banyak yang Kita Bunuh di Video Game?

Rilis untuk platform apa saja?

Mengingat dukungan terhadap PS2 sudah lama dihentikan, Rockstar Games tak akan merilis trilogi tersebut untuk platform PS2 sebagaimana versi original ketiganya. Rockstar memastikan bahwa trilogi ini akan hadir untuk platform PC, Xbox One, Xbox Series X dan S, PS4, PS5, dan Nintendo Switch.

Apakah tidak akan rilis untuk mobile?

Rockstar Games menyebut bahwa GTA Trilogy Definitive Edition juga akan rilis untuk perangkat mobile. Namun, besar kemungkinan waktu rilisnya tak akan berbarengan dengan versi lain. Platform mobile baru bisa menikmati trilogi tersebut setelah versi PC dan konsol rilis.

Jadi kapan GTA Trilogy Definitive Edition rilis?

Rockstar akan merilis GTA Trilogy Definitive Edition untuk platform PC, Xbox One, Xbox Series X dan S, PS4, PS5 serta Nintendo Switch pada akhir tahun ini. Adapun, mobile baru akan kebagian koleksi serupa kira-kira pada tahun depan. Namun, waktu rincinya belum diumumkan sama sekali.

Jika trilogi tersebut sudah resmi rilis, apakah versi originalnya masih bisa dimainkan?

Hadirnya GTA Trilogy Definitive Edition bakal menjadi akhir dari semua versi lama GTA terkait. Karena sudah tersedia versi remaster, kamu tak bisa lagi mendapatkan versi lawasnya di toko digital resmi. Pada akhirnya, kamu hanya bisa menikmatinya lewat versi yang sudah diremaster.

Rekomendasi