Apa Itu Easter Egg dalam Video Game?

diy yellow easter eggs
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Apa yang ada di benakmu saat pertama kali mendengar kata easter egg? Jika jawaban kamu adalah sebuah telur yang telah dilukis dengan berbagai macam warna, kamu salah. Sebenarnya easter egg jauh lebih luas maknanya daripada itu.

Easter egg tak hanya berhubungan soal budaya paskah yang dirayakan umat Kristiani. Lebih dari itu, easter egg juga ada di dalam sebuah video game, film, buku maupun teka-teki silang.

Apa Sih yang Dimaksud dengan Easter Egg?

Kalau kamu perhatikan, beberapa scene dalam film atau video game terdapat pesan tersembunyi atau teka-teki silang. Memang tak semua, tetapi beberapa game terlihat menyisipkan hal ini. Nah, lelucon atau pesan tersembunyi itulah yang disebut dengan easter egg. Kamu pun bisa menemukan easter egg di dalam buku maupun teka teki silang.

Baca juga:  Game di Nigeria: Minimnya Akses Internet Jadi Penghambat

Sejarah Easter Egg

Awalnya praktik easter egg ini muncul saat seniman bernama Diego Rivera menggambarkan tanda tangan dan juga wajahnya ke dalam mural yang ia buat. Akhirnya, para penggemar mencari-cari dan menemukan pesan tersembuyi Diego itu.

Video game bernama Adventure yang rilis tahun 1979 juga menyisipkan easter egg. Game inilah yang menjadi cikal dari adanya easter egg dalam video game saat ini.

Penemuan Easter Unik dalam Video Game

1. Batman Series

Easter Egg Batman Series
Easter Egg Batman Series

Dalam game Batman: Arkham Asylum terdapat pesan rahasia yang belum pernah terkuak oleh para pemain. Setelah 6 bulan sejak game ini rilis, tidak ada yang mengetahui adanya ruang rahasia yang tersembunyi dalam game.

Hal ini akhirnya membuat pengembang game ini membocorkan rahasianya. Cara menemukan ruangan rahasia sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu masuk ke dalam wardens office dan menghancurkan dinding tembok di sekitar. Kemudian kamu akan menemukan peta kota Arkham Asylum yakni kota di mana sekuel game ini berlangsung.

Baca juga:  Miskin karena Game Lebih Mudah daripada Kaya karenaGame

2. Grand Theft Auto Series

Easter Egg GTA
Easter Egg GTA

Berbicara soal game GTA yang makin banyak penggunanya, game ini juga menyimpan easter egg yang tak kalah unik. Easter egg tersebut berbentuk sebuah jantung yang terletak di area perpustakaan.

Untuk menemukannya, kamu harus melewati beberapa ruangan rahasia dengan menaiki helikopter terlebih dahulu. Temukan patung bernama Statue of Happiness. Terus panjat untuk naik ke atas sampai menemukan gambar jantung berukuran raksasa.

3. Lucky Coin di Hitman: Blood Money

Easter Egg Lucky Koin
Easter Egg Lucky Koin

Saat menjalankan misi The Red Neck, kamu akan menyusun strategi untuk membunuh sang penganti pria pada sebuah pesta pernikahan.

Nah, bila kamu mencoba untuk mengitari halaman belakang gedung, kamu akan menemukan sebuah koin. Selanjutnya, bila kamu berhasil menembak koin tersebut, sekelompok laki-laki akan bertepuk tangan sambil menari merayakan keberhasilan kamu.

4. Dead Space series

easter egg the foam finger
Easter Egg Foam Finger

Easter egg dalam game Dead Space series bisa kamu dapatkan dengan cara menamatkan series dead space 2 dalam mode hardcore. Bila sudah, kamu akan menerima foam finger, yakni sebuah telunjuk tangan dari busa yang bisa membuat musuh terpental.

Baca juga:  Kompilasi Cover Game KW Super ala 2SaintsRow

5. Mayat Altair di The Witcher 2: Assasins of Kings

Easter Egg Lucky Koin

Altair adalah sesosok karakter utama dari game Assasin’s Creed yang tewas setelah terjatuh dari ketinggian. Sebenarnya kedua game ini adalah game yang berbeda. Namun, terdapat easter egg yang menghubungkan koneksi anatra kedua game yang sama-sama bertemakan assasins ini.

Dalam The Witcher 2: Assasins of Kings, kamu akan menemukan mayat Altair. Tubuh Altair tergeletak di samping tumpukan jerami kering dalam sebuah gudang.

Sudah tau kan apa itu easter egg dalam game? Nah, selanjutnya kamu harus bisa menemukan easter egg ini pada game-game tersebut yah!

***
Beli top up dan voucher game terlaris dengan penawaran harga termurah hanya di itemku!
Nikmati berbagai kesempatan penawaran spesial itemku khusus untuk kamu. Seperti potongan harga, diskon belanja hingga biaya admin gratis!