Apa Itu Cosplay? Simak Arti, Sejarah, dan Macam-macamnya

Mengulik lebih lanjut tentang apa itu cosplay, arti, sejarah dan macam jenisnya yang ternyata tak berasal dari Jepang.
apa itu cosplay
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Bicara soal cosplay, banyak dari kita yang mungkin belum tahu apa sebenarnya maksud dan arti dari cosplay yang kini tengah populer. Secara sederhana, cosplay adalah sebuah singkatan yang berasal dari gabungan kata “costume” dan “play”, sedangkan bagi orang yang menyukai kegiatan ini disebut dengan cosplayer.

Dalam bahasa Indonesia, “Costume” berarti kostum atau pakaian dan “play” artinya bermain. Jadi, arti cosplay secara keseluruhan dapat diartikan sebagai kegiatan bermain kostum.

Sejarah Cosplay

Meskipun cosplay sangat identik dengan budaya populer di Jepang, tahukah kamu bahwa ternyata cosplay awalnya muncul pada 1960-an di Amerika Serikat?

Saat itu festival konveksi film fiksi ilmiah tengah marak. Kemudian para penggemar film tersebut mengenakan topeng dan kostum yang menyerupai tokoh favorit mereka. Memang budaya menggunakan kostum maupun topeng sudah tak asing lagi bagi warga Amerika serikat. Mereka juga melakukan itu untuk merayakan tradisi lain, seperti halloween dan paskah yang sama-sama menggunakan kostum sebagai bagian dari perayaan.

Baca juga:  D4DJ, Game Musik ala DJ dari Tangan Bushiroad

Tradisi cosplay ini kemudian menyebar hingga ke Jepang pada 1970-an. Begitu marak pemuda yang menyukai cosplay. Hingga akhirnya pada 1978, acara peragaan cosplay pertama diselenggarakan di kota Ashinoko, Jepang.

Memang pada awalnya kegiatan cosplay ini tidak mendapatkan respons positif oleh warga Jepang. Pasalnya, hal ini hanya dianggap mencari sensasi dan perhatian. Namun, berkat kekuatan media Jepang yang memuat berbagai artikel tentang cosplay, akhirnya kegiatan cosplay ini “meledak” di kalangan masyarakat dan dianggap sebagai kegiatan yang positif lantaran dapat menyalurkan ekspresi dan kreativitas.

Kemudian seiring berjalannya waktu, kegiatan memakai kostum dan riasan menyerupai sebuah tokoh anime atau komik ini pun menjadi hobi sebagian besar anak muda. Bukan hanya di Jepang, melainkan juga di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Baca juga:  Jangan Pernah Mainkan Game Dewasa Ini Saat Puasa, Auto-Batal!

Biasanya para cosplayer akan berkumpul pada agenda tertentu yang berkaitan dengan Jepang seperti contohnya GJUI atau kompetisi cosplay tahunan di acara Jakarta Comic-Con.

Macam-Macam Cosplay

Cosplay tak hanya memiliki arti membuat atau berpenampilan seperti tokoh anime atau komik manga Jepang. Lebih dari itu, ada beberapa macam dan perbedaan cosplay yang harus kamu ketahui.

1. Cosplay Anime atau Manga : Cosplay yang terinspirasi dari tokoh komik, manhwa ataupun karakter anime dari Jepang.

2. Harajuku Style : Cosplay ini juga identik dengan budaya Jepang. Namun, biasanya cosplay harajuku style tampil lebih berani dan memiliki ciri khas.

3. Cosplay Gothic : Cosplay dengan mengambil mayoritas nuansa warna serba hitam

4. Cosplay Game : Cosplay yang menyerupai karakter game

5. Cosplay Tokusatsu : Cosplay yang terinspirasi dari film Tokusatsu

Baca juga:  Alasan Film Adaptasi Video Game Sering Gagal

6. Cosplay Dongeng : Cosplay yang mengambil tema atau karakter tokoh spesial. Bisa seorang tokoh heroik maupun karakter lainnya.

Mengingat banyaknya penggemar film maupun karakter anime asal Jepang di Indonesia, maka tak heran jika banyak kalangan yang menyukai menjadi cosplayer tokoh anime terkenal. Seperti cosplay Madara, cosplay Kamen Rider, cosplay Naruto.

Nah, itulah pembahasan lengkap apa itu cosplay beserta arti, sejarah, dan macam jenisnya.

Tapi apakah kegiatan cosplay ini harus berkaitan melulu soal Jepang? Tentu saja tidak. Pasalnya, kamu juga dapat melihat permainan kostum asal Indonesia ini pada pementasan wayang orang atau juga pada pertunjukan teater lokal.

***
Mau nonton anime dan drama favorit?

Segera buka website itemku sekarang juga dan temukan berbagai layanan streaming app dengan harga yang lebih hemat dan aman!