Apa Bedanya Genshin Impact dengan Honkai Impact?

Dari namanya saja sudah mirip. Namun, Genshin Impact dan Honkai Impact tentu game berbeda. Kami membahas beberapa di antaranya.
Genshin Impact resep
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Seluruh dunia kini tertuju pada Genshin Impact, sebuah game RPG bergaya anime yang diproduksi oleh miHoYo. Ia rilis pada Senin (28/9/2020) dan akan tersedia untuk PC, PlayStation 4, dan mobile.

Boleh jadi ini salah satu game yang paling orang-orang antisipasi kehadirannya pada 2020. Walau begitu, miHoYo lewat Genshin Impact sebetulnya tak membawa hal yang benar-benar anyar di sana.

Sebelumnya, pada 2016 tepatnya, miHoYo juga pernah menghadirkan game sejenis bernama Honkai Impact 3. Dari judulnya saja sudah mirip-mirip, gaya anime yang dua game ini usung pun demikian.

Namun, ternyata ada sejumlah perbedaan khusus yang membuat Genshin Impact terasa lebih unik ketimbang pendahulunya. Salah satunya ketersediaan di banyak platform.

Baca juga:  Genshin Impact: Siapa Paimon dan Kenapa Banyak yang Tak Suka?

Sementara Honkai Impact hanya bisa kita mainkan di Android dan iOS, Genshin Impact tersedia di empat platform sekaligus: Android, iOS, PC, PlayStation 4, serta Nintendo Switch yang segera menyusul.

Masih ada beberapa perbedaan lain yang cukup mencolok. Apa saja?

Mekanisme Open World

Baik Honkai Impact maupun Genshin Impact sama-sama mengusung grafis yang aduhai.

Honkai Impact sebetulnya juga mengusung tema ‘open world’. Namun, ‘open world’ di sana boleh dibilang terbatas. Berbeda dengan Genshin Impact yang memungkinkan kita bergerak lebih leluasa. 

Latarnya adalah dunia bernama Teyvat. Di sana, kita bisa melakukan banyak hal dan bisa bergerak ke semua sudut peta. Kita bahkan dapat berenang di sungai dan danau, sesuatu yang tak memungkinkan di pendahulunya.

Baca juga:  Tier List Senjata Genshin Impact

Keleluasaan itu pula yang bikin kita bisa menerima banyak tugas sekaligus. Di Honkai Impact, hal demikian tak berlaku lantaran semua misi dilakukan secara bertahap alias satu per satu.

Kompleksitas Pertarungan

Pertarungan di Genshin Impact lebih kompleks ketimbang Honkai Impact 3. Pasalnya, kita akan bertarung dengan memanfaatkan elemen-elemen berbeda untuk mengalahkan lawan.

Elemen-elemen ini sendiri memang jadi salah satu yang disoroti dari Genshin Impact. Jumlahnya ada tujuh, yakni Cryo (es), Dendro (alam), Pyro (api), Hydro (air), Anemo (angin), Electro (listrik), dan Geo (tanah).

Jumlah Karakter

Terdapat 24 karakter yang bisa kita gunakan di Genshin Impact. Ini lebih banyak ketimbang karakter-karakter di Honkai Impact 3 yang jumlahnya bahkan tak mencapai angka 20.

Baca juga:  Genshin Impact Map Untuk Temukan Lokasi Monster dan Chest

Nah, tiap-tiap karakter itu memiliki karakteristik yang berbeda, yakni DPS, support, dan healer. Level kekuatannya pun juga bervariasi, mulai dari tingkat C sebagai yang terendah hingga tingkat S.