in ,

7 Game yang Terinspirasi Kisah Nyata

Banyak dari kita bermain video games untuk melepas penat setelah menyelesaikan berbagai aktivitas sehari-hari. Terutama games dengan cerita yang unik dan imajinatif yang biasanya bisa memberikan kesan tersendiri, misalnya Final fantasy, God of War, The Legend of Zelda, hingga Horizon Zero Dawn. Bukan tidak mungkin kamu bisa larut di dalamnya.

Beli voucher Google Play termurah hanya di itemku. Udah hemat, gampang, cepat pula! Klik di sini untuk belanja dengan harga diskon.

Namun, tahukah kamu bahwa ada video games yang ceritanya dibuat berdasarkan kisah nyata? Yap, adaptasi kisah nyata tidak hanya ada di dalam film atau novel, tetapi juga di dalam video games. Sebuah bukti bahwa terkadang cerita yang menarik tidak selalu diciptakan dari imajinasi tetapi sebuah sejarah yang penuh makna.

Buat kamu yang penasaran apa saja video game yang berasal dari kisah nyata, maka berikut ini saya akan berikan daftarnya.

1. L.A. Noire

L.A. Noire merupakan game yang bercerita tentang seorang detektif di era 1940–1950. Di sini kita berperan sebagai Cole Phelps, seorang veteran perang dunia II yang sekarang bertugas sebagai detektif. Karakter Cole Phelps memang fiktif, tetapi serangkaian kasus yang harus kamu selesaikan nanti merupakan kasus asli yang pernah terjadi di dunia nyata.

Contohnya adalah kasus pembunuhan ‘Black Dahlia’. Kasus ini merupakan kasus terkenal yang melibatkan seorang perempuan sebagai korban pembunuhan sadis, tetapi anehnya tidak ditemukan setetes darah pun di lokasi kejaidan.

Tak hanya kasus, kota Los Angeles juga dibuat semirip mungkin dengan bantuan foto dan dokumen asli pada tahun tersebut.

2. That Dragon, Cancer

That Dragon, Cancer merupakan game kisah nyata berikutnya. Game ini bercerita tentang suami istri Bernama Ryan dan Amy Green dengan anaknya yaitu Joel yang mengidap penyakit kanker stadium akhir. Kamu akan dibuat merasakan bagaimana perasaan orang tua dalam mengurus Joel yang sakit sakitan.

Tidak seperti game lain yang membuat kita merasa ceria, That Dragon Cancer akan membuat perasaanmu campur aduk merasakan cobaan yang dihadapi oleh Ryan dan Amy Green. Perasaan stres, putus asa dan kesedihan cukup membuatmu meneteskan air mata. Terlebih setelah melihat bagaimana Ryan dan Amy bersusah payah mengobati Joel.

3. Rainbow Six Siege

Beralih ke sebuah game perang yang cukup terkenal yaitu Rainbow Six Siege. Secara garis besar, game ini memang tidak didasarkan oleh kisah nyata. Namun, ada beberapa misi yang terinspirasi dari kejadian nyata, yaitu pembajakan pesawat luthfansa 181 di Jerman pada tahun 1977, pengepungan kedutaan besar Iran yang terjadi pada tahun 1980, dan Penyandaraan teater di Moskow yang melibatkan banyak korban jiwa pada tahun 2002.

4. Kingdom Come: Deliverance

Untuk kamu yang suka dengan tema abad pertengahan atau Medieval, maka game yang satu ini cocok untukmu, Kingdom Come: Deliverance. Game ini merupakan sebuah game yang mengangkat kisah dari kerajaan Bohemia di tahun 1403.

Kingdom Come: Deliverance ini merupakan game yang cukup akurat dilihat dari berbagai aspek seperti peristiwa yang terjadi, lingkungan, orang-orang hingga outfit ala abad pertengahan. Tak hanya itu, game ini juga membawa tokoh tokoh penting seperti Wenceslaus IV, Sigismund, Racek Kobyla dan masih banyak lagi.

5. This War of Mine

Masih tentang game perang, namun kali ini kamu akan berperan sebagai warga sipil yang berusaha bertahan hidup dalam kondisi perang yang terus berkecambuk. This War of Mine akan membuatmu merasakan sudut pandang lain dari sebuah peperangan. Gem ini terinspirasi dari perang Bosnia dan pengepungan kota Sarajevo, Ibu Kota Bosnia.

This War of Mine merupakan game yang cukup kompleks mengingat game ini dibuat oleh studio Indie. Banyak sekali hal hal yang bisa kamu pelajari di balik kengerian perang yang mungkin tidak dapat kamu temukan dalam game perang lainnya. Cerita yang ditawarkan juga cukup dalam dan memiliki banyak makna tak heran kalau game kisah nyata satu ini menerima banyak penghargaan.

6. Sherlock Holmes versus Jack the Ripper

Kisah Sherlcok Holmes sudah cukup terkenal dan banyak dikisahkan melalui buku maupun film. Namun, Frogwares membungkus kisah Sherlcok Holmes melalui video games yang cukup seru untuk dimainkan. Game yang rilis pada tahun 2009 ini mengisahkan tentang detektif terkenal Sir  Arthur Conan Doyle’s yang mengungkap kasus pembunuhan berantai di London, Inggris.

7. Assassin’s Creed

Sudah bukan rahasia lagi bahwa franchise yang satu ini memang mengandalkan kisah nyata sebagai plot utamanyaa. Salah satu seri terbaik menurut saya adalah Assassin’s Creed pertama yang berkisah tentang perang salib. Meski karakter utama yang kita mainkan adalah karakter fiksi, peristiwa yang ada merupakan kisah nyata. Bahkan, Ubisoft menghadirkan tokoh-tokoh terkenal di dalamnya.

Assassin’s Creed merupakan contoh yang bagus untuk kamu yang ingin belajar sejarah, tetapi malas membaca. Terlebih, setiap seri mengambil latar belakang yang unik dan berbeda-beda.

                “Nothing is True, Everything is Permitted” -Assassins

Itulah kumpulan video game yang diangkat dari kisah nyata. Tentunya karena ini sebuah video game, maka akan diberi sedikit bumbu tambahan, termasuk fantasi, agar tetap bisa dinikmati oleh banyak orang. Terlepas dari itu, semua game yang saya sebutkan di atas patut dicoba untuk kalian yang ingin mencicipi kisah nyata di mana kamu adalah tokoh utamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings