voucher google play
in

7 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download – Google Play Store adalah sumber utama bagi para pengguna smartphone Android yang ingin mencari game maupun aplikasi. Sialnya, terkadang kamu bakal menemui sedikit masalah sehingga tidak bisa melakukan download. Namun, tak perlu khawatir karena EXP akan membahas cara mengatasi Play Store tidak bisa download.

Beli Voucher Google Play termurah hanya di itemku. Udah hemat, gampang, cepat pula! Klik di sini untuk mulai belanja. Jangan lupa ikuti akun Instagram dan Twitter EXP untuk konten menarik lainnya.

Sebelum membahas langkah-langkah selengkapnya, penting untuk kamu ketahui masalah-masalah apa saja yang biasanya datang menghampiri saat download di Play Store. Misalnya karena proses download yang tak berjalan, loading tak kunjung berhenti, aplikasi tak tersimpan meski sudah selesai download, dan sebagainya.

Tentu saja semua hal tersebut sangat menyebalkan. Sudah ngebet ingin mencoba aplikasi dan game terbaru, eh malah tidak bisa download. Makin menyebalkan lagi jika kamu sedang sangat membutuhkan aplikasi tersebut. Oleh karena itu, kamu wajib mengetahui cara mengatasi Play Store tidak bisa download yang akan kami bahas di artikel ini.

Cara mengatasi Play Store tidak bisa download

Inilah beberapa cara mengatasi Play Store tidak bisa download yang penting untuk kamu ketahui:

  • Cek koneksi internet
  • Periksa pengaturan preferensi jaringan Play Store
  • Sesuaikan pengaturan waktu
  • Hapus foto, video, atau aplikasi yang tidak terpakai
  • Hapus cache dan data Play Store

Penjelasan selengkapnya terkait cara-cara tersebut bisa dilihat pada bagian berikut ini:

1. Cek koneksi internet

Salah satu penyebab kamu tidak bisa download di Play Store adalah masalah internet. Bisa karena jaringan yang lemah atau bahkan karena kuota yang habis. Jika hal tersebut masalahnya, kamu hanya perlu mencari tempat dengan sinyal yang lebih baik untuk mulai download atau memberi data internet sesuai operator masing-masing.

Baca juga:  Kode Voucher Google Play Gratis

2. Periksa pengaturan Play Store

Di Play Store, ada pengaturan untuk memilih jaringan yang digunakan, yakni melalui wifi dan data seluler. Kamu hanya perlu mengganti pengaturan tersebut sesuai jaringan yang ingin kamu gunakan. Atau bisa pula dengan memilih dua-duanya sehingga ketika ingin download, kamu tidak perlu repot menyesuaikan dengan jaringan yang digunakan.

3. Sesuaikan pengaturan waktu

Terkadang, waktu yang tidak sesuai dengan zona waktu sebenarnya bisa menyebabkan masalah di Play Store. Kamu bisa mengaturnya agar sesuai dengan waktu sebenarnya. Caranya adalah dengan mengaktifkan Automatically Set Date & Time agar waktu di smartphone kamu bakal disesuaikan secara otomatis.

4. Hapus foto, video, atau aplikasi yang tidak terpakai

Jika saat melakukan download muncul tulisan penyimpanan penuh, berarti kamu mesti menghapus beberapa hal dari smartphone kamu. Kamu bisa menghapus foto-foto, video, maupun aplikasi yang tidak terlalu penting. Jika tidak ingin menghapusnya, terutama foto atau video, kamu bisa memindahkannya ke laptop atau PC.

Baca juga:  Kode Voucher Google Play Gratis

5. Hapus cache dan data Play Store 

Masalah lain yang jadi penyebab tidak bisa download adalah cache dan data Play Store. Cara mengatasi Play Store tidak bisa download satu ini cukup mudah. Kamu hanya perlu membuka Pengaturan, kemudian pilih Aplikasi dan Notifikasi lalu klik Lihat semua aplikasi. Cari Google Play Store, lalu hapus cache dan data di sana.

Itulah beberapa cara mengatasi Play Store tidak bisa download yang bisa kamu coba. Berdasarkan percobaan kami, cara-cara tersebut terbilang efektif. Namun, jika kamu masih gagal melakukan download, kamu bisa restart smartphone. Ini adalah cara terakhir yang biasanya cukup manjur dalam mengatasi berbagai masalah aplikasi, termasuk Play Store.

Tinggalkan Balasan