6 Game dengan Ukuran Besar yang Astaghfirullah

Semakin ke sini, komputer maupun smartphone butuh penyimpanan besar karena kian banyak game dengan ukuran besar. Game berikut ini contohnya.
modern warfare reboot
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Kayaknya tidak salah kalau saya menyebut dunia sudah makin gila. Dulu, HDD 256GB sudah cukup menginstal belasan game yang lumayan. Bahkan kalau melihat lebih jauh lagi, saya pernah punya HP Nokia 7610 dengan SD Card 512MB tetapi bisa menyimpan cukup banyak game.

Hari gini? Mustahil, Bung dan Nona sekalian. Penyimpanan PC atau pun smartphone kamu mesti cukup besar. Itu tuntutannya. Kenapa? Sebab hampir semua game ternama yang hadir pada masa sekarang sudah memiliki ukuran yang super besar.

Kalau PC kamu cuma punya SSD 128GB, sebaiknya buang jauh-jauh saja keinginan kamu untuk menginstal game seperti Call of Duty: Modern Warfare. Game satu ini bahkan butuh ruang sekitar 231GB lebih agar bisa kamu mainkan. Astaghfirullah!

Selain Modern Warfare, ada sejumlah game dengan ukuran besar lain yang menarik untuk kamu ketahui. Game apa saja?

Final Fantasy XV (148GB)

makanan final fantasy
Ignis, juru makanan Final Fantasy XV.

Seri Final Fantasy yang rilis pada 2016 ini berbeda dengan seri-seri sebelumnya. Berkisah mengenai petualangan Pangeran Noctis dan tiga rekannya, yakni Gladiol, Ignis, dan Prompto, game ini menyajikan grafis dan cerita yang terbilang kompleks.

Baca juga:  Karena Budaya Tiap Negara Berbeda, IGRS Lahir

Detail pada tiap karakternya tersaji dengan cara yang sangat mengagumkan. Begitu pula dengan objek-objeknya. Kamu yang pernah menjajal game ini pasti tahu betapa menggugahnya makanan-makanan yang Igsnis hidangkan. Alhasil, game ini memiliki ukuran 148GB.

Hitman 3 (149GB)

Judul ketiga dari seri Hitman menampilkan banyak konten baru sehingga membuatnya amat berbeda dengan Hitman 2. Penambahan konten, ditambah dengan perbaikan dari aspek grafis, membuat game ini punya ukuran yang besar, yakni hingga 149GB.

Salah satu hal yang membuat berbagai perbaikan tersebut berefek pada ukuran yang besar adalah engine baru. Seperti dijelaskan oleh pihak pengembang, Hitman 3 menggunakan engine in-house bernama Glacier yang mendukung lebih dari 300 AI NPC aktif.

Red Dead Redemption 2 (150GB)

Red Dead Redemption 2

150GB yang dibutuhkan untuk memasang Red Dead Redemption 2 tak terasa bermasalah mengingat gamenya yang luar biasa. Seri kedua dari game berjudul sama ini mendapat banyak penghargaan, termasuk Steam Awards tahun lalu yang makin membuktikan kualitasnya.

Baca juga:  5 Game yang Mengangkat Kisah Sejarah Paling Akurat

Meski begitu, bila dilihat secara lebih luas, ukuran game ini memang terhitung jumbo, terutama bagi gamer PC. Keterlibatan objek di dalam gameplay jadi salah satu alasan di balik ukuran tersebut. Bahkan, semua NPC di dalamnya bisa kamu ajak berinteraksi.

Destiny 2: Shadowkeep (165GB)

Belum lama rilis, Destiny 2: Shadowkeep langsung menerobos sebagai salah satu game dengan ukuran terbesar yang pernah ada. Ukurnnya mencapai 165GB, tetapi bukanlah suatu kejutan sebab seri kedua dari Destiny ini punya berbagai fitur dan gameplay yang lebih bervariasi dari seri terdahulu.

Destiny 2: Shadowkeep adalah game FPS yang membawa pemain untuk berhadapan dengan banyak musuh dan mencari Eris Morn. Banyak sekali mode baru yang ditambahkan, termasuk mode Player Versus Player (PvP) dan Player Versus Environment (PvE).

Quantum Break (178GB)

Quantum Break, game TPS dari Remedy Entertainment dan Microsoft Studios yang mendapat sorotan berkat perpaduan apik antara grafis dan gameplay di dalamnya. Kisah yang diangkat pun menarik karena hadir dengan plot yang kaya dan karakter yang beragam —S iapa yang tidak menyukai time travel?

Satu hal lain yang juga membuat game ini jadi sorotan: Ukurannya. Saat kali pertama rilis pada 2016 silam, ukuran Quantum Break mencapai 178GB. Karena adanya update yang lumayan rutin, ukuran tersebut bahkan terus bertambah lebih besar.

Baca juga:  5 Game Rilis Mei yang Paling Ditunggu Kedatangannya

Call of Duty: Modern Warfare (231GB)

Salah satu game dengan ukuran besar

Call of Duty: Modern Warfare adalah game FPS yang rilis pada 2019. Orang-orang memujinya karena gameplay, cerita, serta kualitas grafis yang menawan. Terlepas dari itu, kehadirannya memang diantisipasi sebab membawa nama besar Call of Duty.

Saat pertama kali rilis, nyatanya justru banyak yang mengeluh. Ukuran yang amat besar jadi penyebabnya. Waktu itu game ini membutuhkan ruang kosong sebesar 175GB agar bisa diinstal. Seiring munculnya update rutin, ukuran ini terus bertambah hingga 231GB berdasarkan update terakhir.

Upaya membawa kesan realistis biasanya menjadi penyebab munculnya game dengan ukuran super besar seperti yang kami bahas. Tak hanya berkaitan dengan grafis, tetapi juga hal lain seperti efek suara. Oh, teknologi komputer dan penyimpanan yang makin berkembang juga memberi pengaruh.

***

Beli Steam Wallet murah, aman dan lengkap? Cuma di itemku.

Rekomendasi