baca manhwa sweet home
in

6 Aplikasi Baca Manhwa dan Komik Lainnya

Artikel ini khusus buat kamu yang suka baca komik, baik itu baca manhwa, manga atau yang lainnya.

Beli voucher Google Play termurah hanya di itemku. Udah hemat, gampang, cepat pula! Klik di sini untuk mulai belanja. Jangan lupa ikuti akun Instagram dan Twitter EXP untuk konten menarik lainnya.

Manhwa adalah istilah dalam bahasa Korea Selatan yang berarti komik. Oleh karena itu, bisa dibilang Manhwa adalah komik yang berasal dari negara asal Drakor tersebut. Sama halnya komik-komik asal Jepang yang disebut sebagai manga.

Jika kamu termasuk penggemar manhwa ataupun komik-komik lainnya, pastinya wajib mempunyai setidaknya satu aplikasi baca komik. Jika kamu merasa bingung memilih aplikasi ataupun web baca komik yang tepat, jangan khawatir karena ulasan kali ini akan membahasnya buat kamu.

1. Line Webtoon

Aplikasi baca manhwa pertama yang dapat kamu unduh adalah Line Webtoon. Bisa dibilang aplikasi satu ini sanga berbeda dengan aplikasi komik lainnya karena komik yang diangkat bukan komik yang sudah terkenal alias mainstream.

Baca juga:  10 Website Baca Manga Terbaik yang Bisa Kamu Coba

Walaupun manga yang dibuat berasal dari komikus atau mangaka baru, beberapa jalan ceritanya sangat menarik. Bahkan beberapa diantaranya diangkat jadi film atau pun drama. Hayooo, siapa yang pernah menonton film Terlalu Tampan? Ini salah satu film yang diangkat dari Webtoon.

2. Kiryuu

Aplikasi komik lainnya yang dapat kamu unduh adalah Kiryuu. Jangan khawatir, aneka macam komik yang ditampilkan sudah berbahasa Indonesia. Keunggulan dari aplikasi yang satu ini adalah koleksinya yang lengkap dan selalu update.

Bahkan yang menarik adalah kamu dapat download manga mana yang nantinya akan dibaca. Yang artinya, kamu dapat membaca manga tersebut dalam kondisi offline. Tapi karena ada kelebihan ada juga kekurangan. Kekurangannya hanya satu, yaitu jumlah iklan yang terbilang cukup banyak.

Baca juga:  10 Website Baca Manga Terbaik yang Bisa Kamu Coba

3. MangaToon

Adapun aplikasi baca manhwa bahasa Indonesia lainnya adalah MangaToon. Sama seperti Line Webtoon, yang menyediakan genre dari aneka komikus baru yang belum terlalu terkenal. Seperti itulah MangaToon.

Walaupun baru, genre yang dibuat terbilang cukup banyak, mulai dari action, romantis, horor, fantasi dan yang lainnya. Biasanya update seminggu sekali. Pada akhirnya ini termasuk salah satu aplikasi manga yang cukup banyak penggemarnya.

4. BacaKomik

Aplikasi berikutnya adalah BacaKomik. Dalam aplikasi ini, tersedia 1500-an komik yang bisa kamu baca. Aneka jenis komik dari Jepang (Manga), Korea (Manhwa), China (Manhua) bisa kamu temukan di aplikasi ini.

Berbagai genre kesukaan kamu juga ada di tempat ini, entah itu horor, romantis, action, atau yang lainnya. Yang jelas, semua komik sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Salah satu kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak dapat kamu baca secara offline.

5. Komiku

Komiku adalah salah satu aplikasi baca manhwa online yang juga cukup terkenal. Aplikasi yang satu ini juga menawarkan berbagai komik gratis dengan lebih dari 1000 judul, baik itu dari Manhua, Manhwa, atau juga Manga. Sangat menarik bukan?

Baca juga:  10 Website Baca Manga Terbaik yang Bisa Kamu Coba

Untuk bahasa tidak perlu khawatir karena semua komik yang ditawarkan sudah menggunakan bahasa Indonesia. Yang menarik adalah, aplikasi ini menyediakan fitur baca offline. Pastinya sangat berguna ketika kuota Anda sedang dalam kondisi terbatas.

6. Manga Reader

Manga Reader adalah salah satu aplikasi baca komik Jepang yang cukup terkenal. Kamu dapat membaca berbagai macam jenis manga dari berbagai macam genre secara gratis.

Tidak hanya itu, buat kamu yang mengalami krisis kuota, jangan khawatir karena di aplikasi ini kamu dapat membaca secara offline. Tentunya dengan cara mengunduh komik tersebut terlebih dahulu.

Jadi dari beberapa aplikasi baca manhwa, manhua atau Manga yang disebutkan di atas, adakah yang sudah kamu gunakan? 

Tinggalkan Balasan