in

5 Turnamen Esports dengan Hadiah Terbesar di Dunia

Esports adalah industri miliaran dolar.

The International

Saat memutuskan untuk menjejal ranah esports, sebagian besar klub sepak bola profesional hanya mempertimbangkan aspek bisnis.

Penyebabnya satu: Esports kini berkembang sebagai industri dengan perputaran uang yang luar biasa besar.

Tak cuma klub sepak bola. Para pesohor lain yang tak ada kaitannya sama sekali dengan game pun mulai menjejakkan kakinya.

Ada penyanyi, aktor, hingga politisi beramai-ramai mencoba peruntungan di esports. Semuanya demi kepentingan bisnis.

Amat masuk akal karena industri esports keseluruhan menghasilkan pemasukan hingga 950 juta dolar Amerika pada 2019.

Setahun berselang angka itu meningkat menjadi 1,1 miliar. Ini diiringi pula dengan total audiens yang terus tumbuh hingga 495 juta orang.

Esports

Sebelumnya kami sudah pernah mengulas tentang turnamen Esports Indonesia dengan hadiah terbesar. Namun kali ini kita akan bicara tentang turnamen dunia yang hadiahnya menggiurkan.

Nah, lima turnamen esports yang EXP bahas di sini adalah yang memiliki total hadiah paling besar di seluruh dunia.

Overwatch League

Dimulai sejak 2016, Overwatch League yang mempertandingan game Overwatch menjelma sebagai salah satu turnamen esports populer di Amerika Serikat.

Turnamen ini mengusung format serupa NBA dengan total hadiah hingga Rp49,05 miliar.

PUBG Global Championship

PUBG Global Championship adalah turnamen PUBG terbesar di dunia. Jangan heran bila total hadiah yang dipatok begitu tinggi pada tiap edisinya.

Tahun lalu, turnamen ini menyertakan hadiah Rp56,06 miliar. Angka itu meningkat menjadi Rp198 miliar untuk edisi tahun ini.

Honor of Kings World Champion

Pamor Arena of Valor memang tak sebesar Mobile Legends. Meski begitu, game ini punya sebuah turnamen dengan hadiah yang super menggiurkan.

Honor of Kings World Champion namanya. Pada 2019, setiap tim memperebutkan total hadiah mencapai Rp64,32 miliar.

Fortnite World Cup

Fortnite World Cup menyertakan hadiah mencapai Rp425,9 miliar. Sebetulnya angka itu dibagi untuk dua kategori, sih: Solo dan Duo.

Namun, angkanya tetap saja melampaui banyak turnamen lain. Kategori Solo memperebutkan hadiah Rp214,27 miliar, sedangkan Duo Rp211,64 miliar.

The International

Inilah turnamen esports dengan lingkup sekaligus hadiah terbesar di dunia. Pada 2019, turnamen game Dota 2 ini berhadiah total Rp481,16 miliar.

Tahun ini, angka tersebut mestinya berlipat menjadi Rp504,2 miliar. Namun, pandemi COVID-19 membuat gelaran ini tertunda.

Itulah beberapa turnamen esports dengan hadiah terbesar di dunia. Bagaimana? Tertarik mencoba peruntungan sebagai atlet esports?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

One Comment