in

5 Game yang Mengangkat Kisah Sejarah Paling Akurat

Mana yang paling sering kamu dengar? Film yang mengangkat kisah sejarah atau game yang mengangkat kisah sejarah? Kami jamin kamu akan memilih yang pertama sebab memang demikian adanya.

Jarang sekali game membawa embel-embel kisah sejarah, apalagi secara akurat. Walau begitu, yang namanya jarang, berarti bukan tidak ada. Hingga kini ada beberapa game yang mengangkat kisah sejarah dengan cukup akurat.

Brothers In Arms: Hell’s Highway

Tema Perang Dunia jamak kamu temui di berbagai medium. Game bukan pengecualian. Salah satu yang coba mengangkat kisah tersebut dengan cukup akurat adalah Brothers In Arms: Hell’s Highway.

Game itu bercerita tentang Divisi Lintas Udara ke-101 dalam operasi Market Garden. Operasi ini berujung kegagalan dan Brother In Arms menceritakannya secara realistis dan akurat.

L.A. Noire

Bagaimana kondisi Los Angeles pada 1940-an? Pembunuhan Black Dahlia? Korupsi menghebohkan di kepolisian kota? Migrasi besar-besaran pasca-PD II? Semua itu tergambar dengan cukup akurat di game L.A. Noire.

Rilis pada 2011 untuk konsol dan PC, game ini memang berupaya mengangkat sejarah LA pada masa tersebut. Tim pengembang bahkan meneliti lebih dari 100.000 foto bersejarah sebelum membuat L.A. Noire.

Assassin’s Creed

Kredibilitas kamu sebagai gamer perlu dipertanyakan bila tidak tahu Assassain’s Creed. Game ini mengusung genre action-adventure stealth yang diklaim membawa unsur sejarah secara akurat.

Faktanya, klaim itu tak berlebihan. Perang Peloponnesia hingga Revolusi Prancis dikisahkan dengan akurat, termasuk tempat-tempat di dalamnya hingga siapa saja tokoh besar yang meninggal pada saat itu.

Age of Empires

Age of Empires, salah satu game strategi paling populer di dunia. Di game ini kamu bisa mengikuti kisah beberapa ksatria terkenal seperti Napoleon Bonaparte hhingga Joan of Arc.

Game ini memang berlatar sejarah abad pertengahan. Menariknya, penggambaran di dalamnya terbilang detail. Ia menjangkau kisah sejarah kuno, mulai dari Zaman Batu hingga Zaman Besi.

Expeditions: Viking

Expeditions: Viking tak terikat pada banyak stereotipe terkait bangsa Viking yang selama ini beredar. Alih-alih, Logic Artist selaku developer fokus melakukan riset agar sejarah di dalamnya terasa akurat.

Beberapa karakter yang kamu perankan, misalnya penguasa Viking, barangkali memang fiksi. Namun, atmosfer yang tersaji, terutama tempat dan konflik di dalamnya, tergambar dengan cukup detail.

Itulah beberapa game yang mengangkat kisah sejarah dengan cukup akurat versi EXP. Ada tambahan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings