Kilas Balik 2020: 5 Game Indonesia Terbaik yang Rilis Tahun Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Itulah beberapa game Indonesia terbaik tahun ini pilihan EXP. Edisi ini termasuk bagian seri artikel ‘Kilas Balik 2020’.

Pelan tapi pasti, industri game Indonesia semakin tumbuh. Pada gelaran Game Prime 2020, Agustus lalu misalnya, sebanyak 30 game lokal yang diperkenalkan. Game-game itu menambah deretan game Indonesia yang rilis tahun ini. Sebagian hadir untuk mobile, sebagian lagi di konsol dan PC.

Lantas, game Indonesia apa saja yang layak disebut game terbaik tahun ini?

Code Atma

Code Atma, salah satu game lokal yang mencuri perhatian pada 2020. Game bikinan Agate Studio ini mengusung genre RPG serta menampilkan sejumlah hantu lokal yang disebut sebagai Atma.

Ada Kuntilanak, Jelangkaung, hingga Genderuwo. Para pemain akan berperan sebagai seeker yang memanfaatkan senjata berupa aplikasi untuk berkomunikasi dan bergabung dalam sebuah perang mistis.

Baca juga:  Kilas Balik 2020: 5 Pro Player Esports Terbaik Tahun Ini

Paw Paw Paw

Tidak banyak yang membicarakan Paw Paw Paw. Padahal, game PC bikinan developer asala Malang, Simpleton, ini menyajikan sesuatu yang terbilang menarik. 

Kita akan berperan sebagai bagian dari gerakan resistance yang punya misi menjatuhkan sebuah kerajaan. Ada empat karakter lucu yang bisa kita pilih dengan berbagai kemampuan berbeda.

Kucingku Mana?

Konsep dan grafisnya amat sederhana. Bergaya puzzle, kita akan ditantang untuk memecahkan berbagai teka-teki yang unik sepanjang permainan. Tujuannya? Menemukan persembunyian seekor kucing.

Game yang hadir untuk Android dan iOS ini sekilas mengingatkan kita dengan game Tebak Gambar dan genre sejenis. Pasalnya, tingkat kesulitannya akan meningkat tiap kali level bertambah.

Baca juga:  Kilas Balik 2020: 5 Tim Esports Terbaik Versi EXP

Lokapala

Kita patut bangga saat Melon bersama Anantarupa Studios menghadirkan Lokapala pada awal 2020. Kenapa? Sebab game itu jadi game MOBA pertama asal Indonesia dan bahkan Asia Tenggara.

Di dalamnya tersemat berbagai unsur lokal, mulai dari nama hero, item, hingga tempat. Tak cuma itu, game ini juga mengusung grafis yang lumayan oke serta direncanakan menjadi cabang olahraga di PON mendatang.

DreadOut 2

Digital Happiness mencuri perhatian lewat DreadOut pada 2014. Enam tahun berselang, mereka merilis sekuel game yang tersedia untuk PC itu dengan mengambil latar kisah setelah akhir dari game pertama.

Namanya DreadOut 2. Yang menarik dari game ini adalah upaya developer untuk menyajikan stori yang kuat. Pemain masih akan berperan sebagai Linda yang punya misi mencari jawaban sekaligus menghadapi para hantu.

Baca juga:  Kilas Balik 2020: 10 Momen Terbaik Dunia Game Tahun Ini

***

Itulah beberapa game Indonesia terbaik tahun ini pilihan EXP. Edisi ini termasuk bagian seri artikel ‘Kilas Balik 2020’. Selama kurang lebih sepekan ke depan (sejak 21 Desember), kami akan menyajikan artikel-artikel serupa dengan berbagai topik yang sekaligus jadi pengingat, bahwa 2020 tak cuma tentang pandemi.