aplikasi rekam layar di laptop
Foto: cottonbro di Pexels.com
in

5 Aplikasi Rekam Layar di Laptop untuk Abadikan Aktivitas Gaming Kamu

Aplikasi rekam layar di laptop merupakan tools yang wajib dimiliki bagi Youtuber game atau tutorial. Aplikasi tersebut mampu merekam berbagai aktivitas yang dilakukan di perangkat computer atau laptop dan telah dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung. Penasaran apa saja aplikasi tersebut, berikut ini adalah beberapa rekomendasinya.

CamStudio

CamStudio adalah aplikasi open source yang dapat digunakan untuk merekam seluruh layar laptop. Aplikasi rekam layar laptop ini memungkinkan pengguna untuk membuat video SWF dan menambahkan teks dalam video yang direkam. Menariknya, aplikasi ini sudah menyediakan codec lossless sehingga pengguna dapat memperoleh video berkualitas dengan ukuran file yang tidak terlalu besar.

CamStudio adalah aplikasi yang ideal untuk PC atau laptop dengan spek yang rendah. Aplikasi gratis ini cukup ringan dijalankan sehingga tidak akan mengalami lag. CamStudio cocok dioperasikan pada laptop atau PC dengan OS Windows lawas seperti Windows XP dan 7.

Baca juga:  Kilas Balik 2020: 10 Youtuber Gaming Lokal Terbaik Pilihan EXP

Camtasia

Aplikasi rekam layar di laptop yang satu ini akan membantu Kamu mewujudkan konten rekaman layar yang lebih menarik dengan kualitas terbaik, pasalnya pengguna dapat mengatur kualitas video yang ingin direkam mulai dari kualitas standar hingga high. Settingan bawaan yang ditawarkan oleh aplikasi ini tergolong sudah cukup mumpuni sehingga bagi yang tidak mau repot dapat langsung menggunakannya.

Fitur-fitur yang diusung oleh Camtasia tergolong sudah cukup lengkap dan sangat user-friendly. Tersedia beragam preset dan template yang dapat dipilih sesai kebutuhan. Untuk mengedit video, pengguna cukup melakukan drag and drop. Beberapa fitur pendukung lainnya yang bermanfaat adalah closed caption, green screen, subtitle, dan kemampuan menghilangkan noise di latar.

BandiCam

Aplikasi selanjutnya yang menarik untuk digunakan adalah BandiCam. Keunggulan aplikasi ini adalah tidak hanya dapat merekam layar tetapi juga dapat merekam pengguna sekaligus ketika membuat konten. Selain itu, kualitas video dan audio yang dihasilkan oleh aplikasi ini juga tergolong memuaskan karena menyediakan pilihan kualitas video hingga 4K UHD dan ukuran videonya tidak terlalu besar.

Baca juga:  Mengenal Saweran, Salah Satu Cara Streamer Menghasilkan Uang

Jika ingin memperkecil ukuran video yang direkam, Bandicam telah dilengkapi dengan fitur compression. Kelemahannya, untuk aplikasi gratis akan ada watermark di hasil rekamannya. Jika ingin menghilangkan watermark tersebut, maka Kamu harus berlangganan. 

Tiny Take

Aplikasi rekam layar PC ini hadir dengan fitur yang tidak kalah menarik, misalnya pengguna dapat merekam bagian tertentu layar, melakukan zoom out, zoom in, anotasi, dan berbagai fitur lainnya. Aplikasi ini hadir dalam versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratis memungkinkan rekaman selama 5 menit, sedangkan versi berbayar memungkinkan Kamu merekam sampai 2 jam.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah memiliki interface yang sederhana dan mudah digunakan. Perekaman layar dapat dilakukan dengan mudah dengan menu-menu yang user-friendly. Untuk menikmati semua fitur yang tersedia, Kamu dapat memilih versi berbayar.

Baca juga:  Download Video Youtube HD untuk Menyimpan Tutorial dari Pro Player

Action!

Pilihan aplikasi selanjutnya yang dapat digunakan adalah Action! Kamu dapat langsung download aplikasi rekam layar di laptop ini secara gratis karena Action! adalah aplikasi populer untuk live streamer. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat melakukan live streaming secara realtime.

Selain itu, video hasil rekaman layarnya juga memiliki kualitas yang bagus dengan format AVI dan MP4. Fitur live streaming di Action! Memungkinkan untuk disambungkan ke Facebok atau Youtube. Kelemahannya, aplikasi ini belum support untuk laptop yang menjalankan sistem operasi Linux dan MacOS.

Demikian beberapa aplikasi rekam layar di laptop yang dapat digunakan. Jangan khawatir, semua aplikasi di atas cukup mudah digunakan dan juga gratis sehingga dapat langsung digunakan.

***

Steam Wallet murah, aman dan lengkap? Cuma di itemku. Beli sekarang!

Tinggalkan Balasan

GIPHY App Key not set. Please check settings