whatsapp
Foto: Anton on Pexels.com
in

5 Aplikasi Pengganti WhatsApp yang Ramah Smartphone Jadul

Beberapa smartphone jadul dipastikan tak bisa lagi menggunakan WhatsApp.

Aplikasi Pengganti WhatsApp – Per 1 November 2021, lebih dari 50 HP Android dan iOS tak bisa lagi menggunakan aplikasi WhatsApp. Jika HP kamu termasuk di antaranya, tak perlu khawatir karena ada sejumlah alternatif yang bisa menjadi aplikasi pengganti WhatsApp.

Dapatkan voucher Google Play dengan harga diskon hanya di itemku. Udah hemat, gampang, cepat pula! Klik di sini untuk mulai belanja. Jangan lupa ikuti akun Instagram dan Twitter EXP untuk konten menarik lainnya.

Daftar Aplikasi Pengganti WhatsApp

Inilah beberapa aplikasi pengganti WhatsApp yang bisa kamu coba. Selain ramah bagi sebagian smartphone kentang, aplikasi-aplikasi berikut ini juga memiliki berbagai fitur menarik dan lebih menjamin privasi para pengguna.

Telegram

video telegram tidak bisa didownload

Meski tak sepopuler WhatsApp, Telegram termasuk aplikasi perpesanan dengan fitur yang komplit. Aplikasi ini bahkan memiliki sejumlah fitur yang tak akan kamu temukan di WhatsApp. Misalnya, kamu bisa mengirim file dengan ukuran yang amat besar lewat aplikasi ini.

Baca juga:  Apa Itu Whatsapp Plus dan Cara Instalnya

Terlepas dari fitur-fiturnya yang tak bisa kami sebutkan satu per satu, Telegram memiliki keamanan yang jauh lebih terjamin ketimbang WhatsApp. Tak heran jika kini semakin banyak orang yang menggunakannya. Dengan begini, tentu Telegram layak menjadi aplikasi pengganti WhatsApp.

Signal

signal aplikasi pengganti whatsapp

Aplikasi pengganti WhatsApp berikutnya adalah Signal. Beberapa bulan lalu, aplikasi ini sempat viral. Penyebabnya adalah keberadaan fitur yang relatif sama dengan WhatsApp. Bukan hal kebetulan karena pendiri Signal dan WhatsApp adalah developer yang sama.

Di aplikasi itu kamu bisa melakukan berbagai aktivitas standar aplikasi perpesanan seperti mengirim teks, pesan suara, hingga video. Yang menarik, aplikasi ini diklaim memiliki enkripsi yang kuat. Ada pula berbagai fitur lain yang bisa menjaga privasi para pengguna.

Threema

Jika kamu mencari aplikasi pengganti WhatsApp yang benar-benar aman, Threema adalah jawabannya. Aplikasi ini bakal mengenkripsi semua data kamu secara end-to-end dan tidak akan merekam semua metadata pengguna sehingga privasi jadi lebih terjaga.

Baca juga:  Adakah Cara Menyadap WhatsApp Orang Lain?

Yang menarik, kamu tidak mesti menggunakan nomor telepon untuk terhubung. Cukup menggunakan ID Threema 8 digit yang tentu makin menjamin privasi kamu. Satu hal yang jadi kekurangan, Threema tidak memiliki fitur panggilan suara dan video.

Viber

Viber jadi aplikasi pengganti WhatsApp berikutnya yang bisa kamu coba. Dapat berjalan di PC dan Android, aplikasi perpesanan satu ini cukup ramah bagi smartphone lawas. Terlebih, berbagai fitur di dalamnya benar-benar mirip dengan WhatsApp.

Kamu bisa mengirimkan pesan teks, foto, suara, video, bahkan GIF maupun stiker-stiker lucu. Yang menarik, aplikasi Viber bakal menghapus secara otomatis pesan-pesan lama kamu dalam kurun waktu tertentu sehingga privasi jadi lebih terjaga.

Discord

discord

Sebetulnya Discord hadir sebagai aplikasi yang dikhususkan bagi para gamer. Di aplikasi ini kamu bisa berkumpul dengan banyak sekali komunitas gamer. Bahkan tak jarang para Youtuber ternama membuat channel Discord khusus untuk berkomunikasi dengan fans mereka.

Baca juga:  Plus-minus di Balik Pengumpulan Data Pengguna dalam Game

Meski begitu, bukan berarti Discord hanya bisa digunakan para gamer. Sederet fitur di dalamnya membuat Discord cocok menjadi pengganti WhatsApp. Ada fitur pesan teks, suara, bahkan video. Tentu masih banyak fitur lain dan kamu bisa mengeksplornya sendiri. 

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, Discord sebetulnya membutuhkan OS Android minimum versi 4.4 agar bisa diinstal (sama dengan spesifikasi minimum WhatsApp). Namun, tak perlu khawatir karena kamu bisa membuat akun via desktop. 

Itulah beberapa aplikasi pengganti WhatsApp yang bisa berjalan di smartphone lawas kamu. Meski begitu, ada baiknya kamu mengganti HP saja. Bukan hanya agar bisa memasang WhatsApp atau banyak aplikasi lainnya, tetapi juga agar keamanannya lebih terjaga.

Tinggalkan Balasan