Para Wibu Merapat! Inilah 5 Anime yang Diadaptasi dari Game

Upaya menghadirkan anime yang diadaptasi dari game bukan sesuatu yang baru. Sudah cukup banyak anime yang juga melakukan hal serupa.
pokemon
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Beberapa waktu lalu Netflix memastikan bahwa salah satu game paling populer sepanjang masa, Tomb Raider, akan hadir dalam wujud anime. Game ini sebetulnya sudah pernah diadaptasi ke berbagai rupa, termasuk film, tetapi baru kali ini akan muncul sebagai anime.

Tomb Raider adalah serial anime baru dari Legendary yang akan mengikuti kisah Lara Croft setelah peristiwa dalam trilogi gamenya,” tulis Netflix.

Belum jelas kapan anime Tomb Raider mulai tayang. Yang jelas, upaya mengangkat kisah game ke dalam bentuk anime bukan sesuatu yang baru. Sudah cukup banyak game yang juga pernah mengalami hal serupa. Kami membahas lima yang paling populer.

Persona 4

Persona 4 mampu melampaui popularitas seri-seri Persona terdahulu. Inilah yang akhirnya bikin Atlus coba menghadirkan versi animenya pada 2011. Seperti versi game, anime Persona 4 juga mendapat banyak respons positif.

Meski begitu, anime ini berusaha menyajikan sesuatu yang berbeda. Ada jalan cerita yang lebih kompleks hingga keberadaan karakter Yu Narukami, yang di dalam game cuma Silent Protagonist, jadi lebih dominan di versi anime.

Sengoku Basara

Ada aroma fighter dalam Sengoku Basara. Mirip-mirip Street Fighter yang juga berasal dari studio serupa, Capcom. Bedanya, Sengoku Basara mengusung genre crowd fighting game seperti Dynasty Warriors 2.

Pada 2009, Sengoku Basara muncul sebagai anime. Bercerita tentang zaman feodal Jepang saat para jendral bertarung memperebutkan kekuasaan, anime ini mendapat respons positif dari para penggemar.

Baca juga:  Newbie Wajib Tau! Inilah Istilah dalam Mobile Legends

Inazuma Eleven

Sebagai anime sepak bola, Inazuma Eleven memang tak sepopuler Captain Tsubasa. Namun, para penggemar tetap menyambut positif kehadiran anime yang diadaptasi dari game untuk konsol Nintendo DS ini.

Rilis pada 2008, Inazuma Eleven bercerita tentang Mamoru Endou, kiper yang merupakan cucu dari salah satu kiper legendaris Jepang. Sayangnya, Mark kesulitan menemukan pemain sepak bola di sekolahnya.

Final Fantasy

Rasanya mustahil ada gamer yang enggak tahu Final Fantasy. Popularitasnya memang segila itu, bahkan meski game ini sudah hadir sejak 80-an silam. Hadirnya judul-judul terbaru jadi salah satu faktor. Juga satu lagi: Anime.

Rilis pada 2001, anime yang diberi judul Final Fantasy: Unlimited ini terdiri dari 25 episode. Di Jepang ia tak begitu sukses, tetapi mampu menembus pasar beberapa negara Amerika dan Eropa.

Baca juga:  4 Hal yang Bisa Kita Pelajari dari Resident Evil Village

Pokemon

Kerja keras Satoshi Tajiri dalam menggarap Pokemon terbayar tuntas. Setelah dirancang sejak akhir 80-an, game yang rilis pada 1996 untuk Game Boy ini berhasil meraih kesuksesan komersil maupun kritis. Kesuksesan itu membawa Pokemon hadir dalam wujud anime.

Di antara judul-judul sebelumnya, Pokemon adalah anime yang popularitasnya mampu menyamai versi game. Mulai tayang pada 1997, anime ini berkisah tentang Ash Ketchum dalam petualangannya menjadi seorang Pokemon Master.