4 Cara Mengaktifkan Mic Headset di HP Android

cara mengaktifkan mic headset di hp
Foto: Tirachard Kumtanom di Pexels.com

Terkadang kita terjebak pada situasi sepele tetapi kerap kebingungan saat ingin mengatasinya. Salah satunya berkaitan dengan mic headset yang tidak aktif. Beberapa dari kita pasti pernah mengalaminya bukan? Meski begitu, sebetulnya cara mengaktifkan mic headset di HP sangat mudah.

Klik di sini untuk mendapatkan diskon belanja chip Higgs Domino termurah di itemku. Kamu juga bisa ngobrolin game-game favorit dan mendapatkan kesempatan diskon item game lainnya dengan bergabung di itemku World.

Penting bagi kamu mengetahui cara tersebut karena saat ini headset seperti tak bisa dipisahkan dari kegiatan sehari-hari. Kamu membutuhkan headset untuk mendengar musik, menonton film, rapat virtual dengan rekan kerja, hingga belajar di kelas secara daring.

Akan sangat menyebalkan jika mic headset kamu tidak menyala. Oleh karena itu, EXP akan memberikan langkah mudah mengaktifkan mic headset di HP, khususnya HP Android.

Cara mengaktifkan mic headset di HP

Setidaknya ada empat hal yang perlu kamu periksa ketika ingin mengaktifkan mic headset di HP Android.

1. Atur letak mikrofon agar tidak terhalang

Terkadang masalah yang menyebabkan mic headset tidak berfungsi adalah posisinya yang terlalu jauh dari mulut. Apalagi kalau mic pada headset kamu tidak memiliki sensitivitas yang bagus. Jika ini yang terjadi, kamu hanya perlu mengatur letaknya agar tidak terlalu jauh atau terhalang.

2. Periksa jaringan internet

Internet cukup memengaruhi fungsi mikrofon headset kamu. Jika internet sedang buruk, terkadang mikrofon tak mampu mengirimkan suara ke perangkat lain. Kamu hanya perlu memastikan agar kondisi ini tidak terjadi, misalnya dengan pindah ke tempat yang jaringannya lebih bagus.

3. Restart HP

Cara yang paling orang-orang gunakan ketika ada masalah pada HP mereka adalah melakukan restart. Meski terdengar sepele, terkadang cara ini lumayan efektif. Namun, jika mic headset kamu masih belum aktif, barangkali kamu bisa mengikuti langkah yang keempat di bawah ini.

4. Periksa pengaturan 

Kamu hanya perlu membuka Pengaruran, lalu cari aplikasi yang ingin kamu aktifkan mikrofonnya. Klik aplikasi tersebut, kemudian klik Microphone. Aktifkan pengaturan mikrofon dengan menekan tombol yang tersedia di sana. Kamu bisa mengecek suara melalui aplikasi tersebut untuk melihat apakah cara ini berhasil.

Sangat mudah bukan? Namun, jika ternyata semua cara mengaktifkan mic headset di HP yang EXP jelaskan di atas tidak berhasil, kemungkinan besar headset kamu yang bermasalah. Oleh karena itu, jalan satu-satunya yang bisa kamu tempuh adalah membeli headset dengan mikrofon terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *