PS2
in

3 PlayStation Terbaik dan Terburuk

Enggak semua PlayStation berujung sukses.

Sony resmi menghadirkan PlayStation 5 alias PS5, konsol terbaru yang disebut-sebut memiliki banyak fitur unggulan. Di Indonesia, konsol ini dibanderol dengan harga Rp8,7 juta untuk standard edition, sedangkan digital edition dijual seharga Rp7,2 juta.

PS5 sendiri adalah tanda perjalanan panjang dan kesuksesan Sony di ranah konsol. Ini juga jadi cara mereka menetapkan standar baru di dunia game. Nah, sebagai upaya menyemarakkan, itemku membahas konsol-konsol PlayStation terbaik dan terburuk yang pernah Sony produksi.

PlayStation Terburuk

PlayStation Vita

Sony meraih sukses besar saat menghadirkan PlayStation Portable pada 2004, konsol genggam pertama yang mereka bikin. Hingga hari ini produk tersebut masih sering dibicarakan dengan angka penjualan mencapai 82 juta unit.

Enam tahun berselang, Sony menghadirkan konsol portabel lain. Namanya PS Vita. Tapi tak ada penilaian positif dari konsol ini. Angka penjualannya pun cuma mencapai 10 juta unit. Sejak 2015 Sony bahkan sudah perlahan menghentikan produksi game fisik untuk PS Vita.

Baca juga:  Dari Dulu hingga Sekarang, Game Bajakan Tetap Idaman

Nintendo Play Station

Nintendo Play Station

Play Station. Bukan PlayStation. Ini adalah konsol pertama yang Sony produksi. Tadinya, Play Station merupakan bentuk kerja sama Sony dengan Nintendo. Kerja sama tersebut sayangnya berakhir kendati sudah menghasilkan prototipe sungguhan. Yup, Play Station.

Sony mengusung ide menarik lewat Play Station. Tak seperti konsol-konsol Nintendo, konsol tersebut sudah menggunakan compact disc (CD) untuk mengakses game. Namun, Play Station terbilang gagal dengan penjualan yang hanya mencapai 200 unit.

PlayStation TV

Sony mengambil langkah absurd yang sepertinya akan selalu mereka sesali. Pada 2013, Sony merilis PlayStation TV. Kedengarannya tak ada yang aneh sampai akhirnya kamu tahu bahwa pada dasarnya ini adalah PS Vita, konsol yang gagal laku di pasaran.

Baca juga:  Game di Nigeria: Minimnya Akses Internet Jadi Penghambat

Nasib yang dialami PS Vita lantas berlanjut ke PS TV. Terlebih, tak ada pembaruan berarti yang disematkan. Ini adalah konsol yang fungsinya sekadar memainkan game-game PS Vita pada layar yang lebih besar. Pada 2015, Sony menghentikan produksi PS TV.

PlayStation Terbaik

PlayStation

PS1

PlayStation atau yang lebih familier dengan PS1/PSX punya arti besar dalam kesuksesan Sony. Konsol inilah yang mengubah nasib sial karena Nintendo Play Station sekaligus melambungkan nama mereka sebagai produsen konsol game terdepan.

Hadir di tengah-tengah popularitas berbagai jenis konsol Nintendo, PS nyatanya tetap mampu mendapat banyak respons positif. Angka penjualannya mencapai 102,49 juta unit, yang membuat PS1 dikenal sebagai salah satu konsol terlaris sepanjang masa.

PlayStation 4

Dari angka penjualan, Sony mestinya bisa puas dengan PS3 yang mencapai 70 juta lebih. Apalagi angka itu didapat sembari bersaing dengan Xbox 360. Belum lagi bicara soal sistem keamanan yang cukup ketat. Namun, ada banyak kekurangan pada konsol ini. Sony pun mengakuinya.

Baca juga:  Siap-siap, Tombol Konfirmasi di 'Stik' PS5 Bukan Lagi 'O'

Lewat PS4, Sony melakukan berbagai perubahan dan peningkatan dari PS3. Salah satunya kapasitas RAM, aspek yang memang banyak diminta oleh para developer. Pada akhirnya PS4 laku keras dan bahkan memecahkan rekor penjualan 100 juta unit tercepat.

PlayStation 2

PS2

Hingga kini PlayStation 2 atau PS2 adalah konsol terlaris sepanjang masa. Jumlah penjualannya mencengangkan, yakni mencapai lebih dari 159 juta unit. Boleh jadi ada efek PS1 di balik kesuksesan PS2. Namun, secara rinci konsol ini memang punya berbagai keunggulan.

Pertama-tama, tentu kita akan menyebut DualShock yang merupakan peningkatan besar dari pendahulunya. Berikutnya, PS2 dipenuhi oleh banyak sekali game legendaris. Kita bisa menyebut Grand Theft Auto San Andreas, Tony Hawk’s, hingga God of War.

Honoroble mention: PSP, PS3

Itulah beberapa PlayStation terburuk dan terbaik yang pernah diproduksi Sony. Kini mereka merilis konsol terbaru bernama PS5. Akan sangat menarik menantikan bagaimana nasibnya: Mengikuti jejak PS2 hingga PS4 atau justru terpuruk seperti PS Vita?

Tinggalkan Balasan

GIPHY App Key not set. Please check settings