3 Cara Mengatasi Data Seluler Aktif tapi Tidak Bisa Internetan

expressive young black lady arguing during video conversation on smartphone
Photo by Alex Green on Pexels.com

Jaringan lancar-lancar saja, tapi kok tidak bisa internetan? Tenang, kamu bisa mencoba cara mengatasi data seluler aktif tapi tidak bisa internetan dari EXP.

Dapatkan paket data dan pulsa termurah p-an hanya di itemku. Udah hemat, gampang, cepat pula! Klik di sini untuk mulai belanja.  Kamu juga bisa ngobrolin game-game favorit dengan bergabung di itemku World.

Cara mengatasi data seluler aktif tapi tidak bisa internetan bakal sangat berguna bagi para pengguna smartphone, terutama dalam keadaan genting. Kondisi umumnya terjadi karena masalah yang muncul pada paket data yang diaktifkan. Tentu sangat menyebalkan karena bisa menghambat pekerjaan.

Faktor pemicunya bisa sangat beragam. Internet tidak bisa digunakan ketika, misalnya, paket internet sudah habis, masalah pada jaringan provider, atau karena memang sedang tidak ada sinyal. Artikel ini wajib kamu baca jika permasalahan seperti itu sedang kamu alami.

Cara Mengatasi Data Seluler Aktif tapi Tidak Bisa Internetan

Inilah beberapa cara termudah mengatasi data seluler aktif tetapi tidak bisa mengakses internet di smartphone kamu:

1. Cari lokasi dengan jaringan yang bagus

Masalah paling klise yang menyebabkan internet kamu tidak bisa digunakan adalah jaringan. Terkadang, beberapa lokasi tidak memiliki jaringan atau sinyal yang bagus. Ini kerap terjadi di basement, di lantai paling tinggi sebuah gedung, hingga di kawasan pedesaan.

Kamu hanya perlu pindah ke lokasi dengan jaringan yang lebih bagus jika kondisi tersebut kamu alami. Jika sedang berada di gedung tinggi, misalnya, kamu bisa turun ke lantai yang lebih rendah. Jika sedang di basement, kamu bisa keluar dan mencari tempat yang lebih terbuka.

2. Mematikan jaringan untuk sementara waktu

Cara mengatasi data seluler aktif tapi tidak bisa internetan berikutnya adalah dengan mematikan jaringan seluler untuk sementara waktu. Cara ini efektif karena terkadang jaringan yang bermasalah hanya perlu di-refresh agar bisa beroperasi dengan lancar seperti semula.

Setidaknya ada tiga cara yang bisa kamu tempuh. Pertama adalah dengan mengaktifkan mode pesawat selama beberapa detik, lalu mematikannya kembali. Kedua, silakan me-restart smartphone kamu. Ketiga, kamu bisa mematikan paket data, lalu menghidupkannya kembali.

3. Hubungi customer service

Meski terdengar sepele, menghubungi customer service sebetulnya sangat efektif untuk menyelesaikan masalah pada jaringan internet kamu. Kamu bisa menghubungi mereka melalui panggilan telepon atau pun via media sosial provider di akun media sosial resmi mereka.

Khusus media sosial, terkadang ada beberapa provider yang memberikan jawaban-jawaban yang tidak membantu sama sekali alias sekadar memberikan respons. Namun, tak sedikit provider yang benar-benar berusaha membantu permasalahan kita. Jadi, tak ada salahnya mencoba.

Jika tiga cara mengatasi data seluler aktif tapi tidak bisa internetan di atas tidak mampu menyelesaikan masalah internet kamu, kemungkinannya adalah, pertama, sedang terjadi masalah pada provider bersangkutan. Kedua, paket data yang kamu aktifkan memiliki local data, sedangkan kamu tengah berada di tempat berbeda — dengan saat data diaktifkan. Ketiga, paket data kamu sudah habis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *