Kilas Balik 2020: 10 Youtuber Gaming Lokal Terbaik Pilihan EXP

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Dunia game kini lebih luas dan menarik karena kehadiran content creator. Inilah 10 Youtuber gaming lokal terbaik 2020 versi EXP.

Dunia game tak lagi tentang developer, gamer, dan game itu sendiri. Sekarang, ranah ini juga dipenuhi banyak sekali content creator yang kerap membagikan konten-konten gaming melalui channel Youtube. EXP mempersembahkan, inilah 10 Youtuber gaming lokal terbaik sepanjang 2020.

Budi01 Gaming

Budi01 Gaming jadi salah satu channel Youtube yang mendapat perhatian pada 2020. Dengan logat Medan yang jadi khasnya, channel ini mampu menghibur para penonton lewat video yang kerap berkaitan dengan Free Fire.

Atas konsistensi dan kualitas video-videonya, Youtube Indonesia lantas memberi Budi01 Gaming penghargaan sebagai Top Creator sekaligus Top Breakout Creators 2020.

Jonathan Liandi

Jonathan Liandi lebih dikenal sebagai pro player EVOS dengan nama Emperor. Ia beralih menjadi Youtuber gaming yang bisa membuat konten Mobile Legends karena merasa tak sekompetitif dulu. 

Entah apakah ia menyesalinya, keputusan itu tampak berujung cukup baik. Di Indonesia Esports Award 2020 Jonathan Liandi terpilih sebagai salah satu nominator content creator terbaik.

Baca juga:  Hasil MPL Season 7 Minggu Ketiga: Kalah Beruntun, Ini RRQ atau Liverpool?

MiawAug

Jika ditanya siapa Youtuber gaming lokal dengan subscriber terbanyak, besar kemungkinan kamu akan menjawab MiawAug. Tapi yang membuatnya fenomenal bukan cuma itu. 

MiawAug juga termasuk content creator yang terbilang konsisten dan punya konten-konten menarik. Sepanjang 2020, hampir semua videonya mendapat lebih dari 500 ribu penonton.

Jess no Limit

Jess no Limit adalah channel Youtube dengan subscriber terbanyak ketiga di Indonesia. Karena nomor satu dan dua ditempati oleh channel non-gaming, maka berarti inilah channel gaming lokal dengan subscriber terbanyak. 

Tak kuantitas, secara kualitas Jess no Limit juga diakui. Ia bahkan masuk nominasi Indonesia Gaming Award dan Indonesia Esports Award 2020 sekaligus, meski tak terpilih sebagai pemenang.

Dyland PROSS

Dyland PROSS masuk sebagai salah satu nominator di Indonesia Esports Award 2020. Hal tersebut jadi pengakuan atas kapasitasnya sebagai seorang Youtuber gaming sepanjang tahun ini.

Dyland PROSS terkenal di kalangan pemain Free Fire. Ia bahkan dianggap ‘sultan’. Pasalnya, Dyland PROSS kerap memborong berbagai bundle dan hadiah yang tersedia di Free Fire.

Baca juga:  Kilas Balik 2020: 10 Momen Terbaik Dunia Game Tahun Ini

Sarah Viloid

Sarah Viloid baru-baru ini bikin geger skena esports Indonesia. Ia kedapatan menyebut BTR Ryzen yang notabene andalan BigEtron RA dan sempat menjadi juara dunia PUBG.

Terlepas dari itu, Sarah Viloid adalah influencer gaming dengan konten-konten menarik. Belakangan ini ia banyak memuat konten tentang Roblox. Sarah Viloid juga termasuk salah satu nominator Indonesia Esports 2020.

Bennymoza

Bennymoza punya kisah serupa Jonathan Liandi. Ia seorang pro player yang bahkan sempat mengharumkan nama Indonesia di sejumlah turnamen internasional Point Blank.

Namun, kariernya tak berlanjut tepat setelah kontrak dengan RRQ berakhir. Bennymoza lantas menekuni dunia Youtube dan fokus mengunggah konten gaming. Di ajang Indonesia Gaming Award, ia menjadi salah satu nominator.

Bangpen

Bangpen juga salah satu nominator Indonesia Gaming Award. Itu penghargaan atas konsistensinya sepanjang 2020. Terlebih, ia terbilang aktif dengan beberapa kali membentuk tim untuk turnamen PUBG Mobile.

Di kalangan gamer, Bangpen juga cukup populer. Subscriber-nya memang cuma segelintir jika dibandingkan dengan youtuber lain. Namun, konten dan pembawaannya pada tiap video, khususnya PUBG, amat disukai penggemar.

Baca juga:  Yang Baru dari Garena: Free Fire Indonesia Masters 2021 Spring

Frost Diamond

Inilah youtuber gaming dengan subscriber terbanyak kedua setelah Jess no Limit. Frost Diamond tak fokus pada jenis game tertentu dan inilah yang bikin ia menarik.

Konsistensinya juga patut diacungi jempol, terlebih sepanjang 2020 ini. Oleh karena itu, Frost Diamond dinobatkan sebagai content creator gaming terbaik pada ajang Indonesia Esports Award 2020.

Milyhya

Milyhya sudah lama dikenal karena keunikan konten-kontennya. Namun, baru pada 2020 ini namanya makin melambung. Ia bahkan terpilih sebagai content creator gaming terbaik di Indonesia Gaming Award.

Yang menarik dari Milyhya adalah caranya menyajikan sisi lain kala bermain game yang bikin konten-kontennya terasa berbeda dengan Youtuber lain. Selain itu, ia juga tak pernah menampakkan wajahnya.

***

Itulah 10 Youtuber lokal terbaik 2020 versi kami. Edisi ‘Youtuber Terbaik’ sendiri menjadi bagian dari seri artikel ‘Kilas Balik 2020’ EXP. Selama kurang lebih sepekan ke depan, kami akan menyajikan artikel-artikel serupa dengan berbagai topik yang sekaligus jadi pengingat, bahwa 2020 tak cuma tentang pandemi.