Kilas Balik 2020: 10 Momen Terbaik Dunia Game Tahun Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Di balik 2020 yang menyebalkan, tetap ada momen menarik yang pantas untuk kita kenang atau bahkan syukuri, termasuk di dunia game.

Apa momen terbaikmu di tahun menyebalkan ini? Sebagian dari kita yang terhempas berkali-kali oleh pandemi barangkali akan menjawab tak satu pun. Sah-sah saja. Namun, di titik tertentu tetap ada momen terbaik yang pantas untuk kita kenang atau bahkan syukuri dari 2020, termasuk di dunia game. Apa saja?

Industri game dukung gerakan ‘Black Lives Matter’

Kematian George Floyd memicu munculnya gerakan“Black Lives Matter” sebagai upaya memusnahkan rasisme yang mendarah daging di seluruh dunia. Menariknya, para pelaku industri game turut mendukung gerakan ini, misalnya Sony yang menunda konferensi online PS5 hingga EA yang menyumbang sejumlah dana untuk demonstran.

40 persen penduduk bumi main game

elderly couple sitting on couch playing video games
Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels.com

Pada bulan Maret, WHO menyatakan virus corona alias COVID-19 sebagai pandemi global. Sejumlah negara meresponsnya dengan lockdown. Karena lockdown, orang-orang jadi lebih sering berada di dalam rumah dan main game jadi salah satu aktivitas favorit. Per Agustus, sebanyak 3,1 miliar atau 40 persen penduduk bumi tercatat aktif bermain game.

Baca juga:  Kilas Balik 2020: 5 Pro Player Esports Terbaik Tahun Ini

Among Us viral

Game ini sebetulnya rilis sejak 2018 dan sempat cuma memiliki 30 pemain. Namun, seiring dengan pandemi yang menyerang, tiba-tiba saja ia mendadak populer. Sejak September, para pesohor banyak yang memainkan game ini. Ada pula Youtuber yang menjadikan Among Us konten mereka. Tak ayal, hingga kini sudah lebih dari 100 juta orang yang mengunduhnya.

Demam Genshin Impact

Genshin Impact

Banyak yang akan kita sebut jika bicara soal game hype pada 2020. Tapi yang pasti, Genshin Impact bakal jadi salah satu yang disebut. Game dengan grafis bergaya anime ini sukses secara kuantitas maupun kritis. Alhasil, selama sekitar sebulan sejak rilis akhir September, ‘demam’ Genshin Impact begitu terasa, tak terkecuali di Indonesia.

Trilogi ikonik Crash Bandicoot berlanjut

Kita yang hidup di jaman ketika PlayStation 1 berjaya amat familier dengan Crash Bandicoot. Triloginya membentuk salah satu trilogi game paling ikonik sepanjang masa. Dimulai dari Crash Bandicoot (1996), Cortex Strikes Back (1997), dan Warped (1998). Dua puluh dua tahun kemudian, game ini akhirnya punya suksesor lewat judul Crash Bandicoot 4: It’s About Time.

Baca juga:  Kilas Balik 2020: 10 Youtuber Gaming Lokal Terbaik Pilihan EXP

Tokyo Game Show digelar secara online

Pandemi memaksa salah satu pameran game terbesar, Tokyo Game Show (TGS), tertunda. Sempat muncul isu digelar tahun depan, tetapi Computer Entertainment Supplier’s Associaction (CESA) selaku penyelenggara bersikeras melangsungkannya tahun ini. Alhasil, untuk pertama kalinya TGS digelar secara online, tepatnya pada akhir September.

PlayStation 5 rilis

PS5 playstation 5

Tujuh tahun setelah PS4, Sony akhirnya mengeluarkan seri PlayStation terbaru mereka: PS5. Edisi kali ini mendapat perhatian yang jauh lebih tinggi ketimbang sebelumnya. Pasalnya, Sony menyematkan desain yang benar-benar menggebrak serta controller dengan nama Dual Sense. Harganya pun terbilang mahal sehingga meme soal cara terbaik agar diizinkan pasangan mendapatkan PS5 bertebaran di media sosial.

Penantang PS5: Xbox Series X dan S

Ibarat sebuah kewajiban, seri terbaru PlayStation akan hadir bersamaan dengan Xbox. Mau bagaimana lagi, keduanya adalah rival di ranah konsol. Kali ini, Xbox hadir dengan seri terbaru bernama Xbox Series X dan S untuk menyaingi PlayStation 5. Genderang perang bahkan sudah terdengar sejak pengumuman pre-order, di mana kala itu Xbox menyindir seterunya.

Baca juga:  Kilas Balik 2020: 5 Tim Esports Terbaik Versi EXP

Zuxxy raih Esport Awards

Sejak tahun lalu Zuxxy jadi sensasi di skena epsorts Tanah Air. Namun, boleh jadi ini salah satu tahun terbaiknya. Zuxxy yang berstatus kapten tim Bigetron RA berhasil menjuarai beberapa turnamen PUBG Mobile sepanjang 2020. Tidak hanya itu, pemain berma asli Made Bagas Pramudita ini juga menonjol secara individu. Buktinya, Zuxxy dinobatkan sebagai Mobile Player of The Year di Esports Awards, mengalahkan pro player negara lain.

Setelah delapan tahun, Cyberpunk 2077 akhirnya rilis

Delapan tahun setelah diumumkan, CD Projekt Red akhirnya merilis Cyberpunk 2077 pada 2020. Game ini adalah salah satu game yang paling diantisipasi kehadirannya, terutama bagi penggemar edisi tabletop-nya. Namun, bukannya pujian, orang-orang malah memaki game ini lantaran versi konsol yang penuh dengan bug. Ujung-ujungnya Cyberpunk 2077 pun ditarik dari toko digital PlayStation dan Xbox.

***

Edisi ‘10 Momen Terbaik Dunia Game’ adalah bagian dari seri artikel ‘Kilas Balik 2020’ EXP. Selama kurang lebih sepekan ke depan (sejak 21 Desember), kami akan menyajikan artikel-artikel serupa dengan berbagai topik yang sekaligus jadi pengingat, bahwa 2020 tak cuma tentang pandemi.